Sejarah Olahraga Renang

5 min read

sejarah olahraga renang di dunia dan indonesia

Sejarah olahraga renang – Pada zaman sekarang olahraga renang telah di perlombakan dalam kompetisi Nasional maupun Internasional.

Pengertian renang adalah salah satu olahraga yang menyehatkan karena seluruh tubuh bergerak serta dapat melatih pernafasan. Selain banyak manfaat untuk tubuh, kegiatan berenang juga bertujuan sebagrai rekreasi untuk melepas penat.

Secara umum pengertian renang adalah olahraga yang dapat dilakukan di dalam air dengan tujuan untuk bisa mengambang dan berpindah tempat di dalam air.

Namun tahukah Anda mengenai sejarah olahraga renang bisa menyebar ke penjuru dunia dan populer.

Dalam artikel sebelumnya kami membahas mengenai teknik dasar renang, pada artikel ini kami akan membahas mengenai sejarah olahraga renang.

Simak yuk, pembahasan mengenai sejarah renang di dunia dan di Indonesia.

Sejarah Olahraga Renang

sejarah singkat renang
australiaswims.com

Sejarah singkat renang telah masuk dalam dunia olahraga air sejak beberapa abad yang lalu.

Olahraga renang adalah sebuah olahraga air yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang.

Sejarah olahraga renang telah ada sejak manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai sejarah renang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari zaman batu tua.

Penemuan ini di temukan di Gua Perenang yan berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya.

Catatan tertua mengenai sejarah tentang renang berasal dari 2000 SM.

Ada beberapa dokumen tertua mengenai sejarah renang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5, kisah para Rosul 27:42, Kitab Yeseya 25:11), Serta Beowulf dan beberapa hikyata-hikayat lain.

Dalam buku karya Nikolas Wynmannseorang profesor yang berasal dari Jerman, yang menulis pertama kali menganai dialog seni berenang (Der Schwimmer oder ein Zwiegesprach uber die Schwimmkunst).

Itulah sejarah singkat renang.

Sejarah Olahraga Renang Dunia

pengertian renang
olympicchannel.com

Sejarah renang di dunia diawali dengan perlombaan yang dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Sebagaian besar pada saat itu menggunakan gaya dada.

Dalam sjarah renang dunia, olahraga ini sendiri merupakan salah satu cabang dari permainan yang dilombakan pada saat Olimpiade Athene 1896.

Olimpiade Athena dipilih sebagai tuan rumah yang pertama olimpiade pertama pada tahun tersebut.

Sejarah Olahraga Renang Indonesia

sejarah renang di indonesia
cdn.theatlantic.com

Sejarah renang di indonesia di mulai dari kota Bandung, Hal ini terbukti dengan pembangunan kolam renang yang bernama Cihampelas pada tahun 1904.

Disamping itu juga ditemukan beberapa kolam renang di beberapa daerah, terutama pada kota-kota besar seperti : Jakarta, Surabaya dan lainya.

Dengan adanya beberapa kolam renang, perkembangan olahraga renang ditandai dengan dibentuknya perkumpulan renang, antara lain Bandungsche Zwembond atau yang disebut dengan Perserikatan Renang Bandung di tahun 1917.

Dengan perserikatan ini, telah berhasil menarik 7 perkumpulan yang bernaung dibawah perserikatan tersebut, termasuk perkumpulan renang siswa-siswa sekitar di Bandung.

Menyusul berdirinya West Java Zwembond pada tahun 1918 dan Oost Java Zwembond atau Perserikatan Renang Jawa Timur, pada tahun 1927.

Itulah sejarah olahraga renang atau asal usul dari kemunculan olahraga renang di Indonesia.

Sejarah Kolam Renang

sejarah kolam renang
wikimedia.org

Sejarah perkembangan renang tentang asal mula kolam renang.

Dalam sejarah terbentuknya kolam renang, diyakini bahwa berenang dimulai sebagai kegiatan yang terorganisasi sejak 2500 SM di Mesir kuno. Kegiatan ini menyebar ke bagian lain dunia seperti Yunani Kuno, Roma, dan Asyur.

Roma dan Yunani, berenang dimulai sebagai bentuk pendidikan, semua pria untuk mengikuti dan diharapkan untuk mengetahui tata cara berenang dan diajarkan pada usia yang sangat muda.

Asal-usul kolam renang dalam Bangsa Romawi, merupakan yang pertama kali dalam memisahkan kolam pemandian darikolam renang mereka dan membutnya terpisah.

Kolam renang air panas di ciptakan oleh Gaius Maecenas, seorang raja Romawi yang sangat kaya dan tidak takut akan kemiskinan.

Gayus Maecenas dianggap sebagai salah satu pendukung pertama mengenai seni rupa dan dikabrakan telah meyediakan bagi beberapa penyair dan filsuf pertama kali.

Dalam sejarah kolam renang ditemukannya kolam renang indoor pertama kali di kota London, banyak orang tergoda.

Sejarah Singkat Renang

4 gaya renang yang diperlombakan
220triathlon.com

Seperti yang kita ketahui dalam pembahasn kami yang sebelumnya dalam macam-macam gaya dalam renang.

Adapun renang ada beberapa teknik atau macam-macam teknik yang dapat digunakan untuk melakukan renang tersebut.

Gaya dalam berenang telah berkembang dengan cepat. Ada 4 macam gaya dalam renang yaitu :

  1. Gaya Dada.
  2. Gaya Punggung.
  3. Gaya Bebas.
  4. Gaya Kupu-kupu.

Akan tetapi tahukah Anda, mengenai sejarah atau asal usul mengenai macam-macam gaya dalam renang.

Berikut ini pembahasan tentang sejarah gaya dalam olahraga renang.

Sejarah Renang Gaya Dada

renang gaya dada
sporteducations.files.wordpress.com

Adapun sejarah renang gaya dada telah ditemukan pada tahun 1538, oleh seorang profesor ilmu bahasa yang berkebangsaan Jeman bernama Nicolas Wynman sekaligus menerbitkan buku berenang yang pertama, Colymbetes.

Tujuan beliau menukis buku ini bukan untuk mempromosikan berenang, malinkan cara untuk mengurangi resiko tenggelam ketika berada di air yang dalam.

Pada tahun 1696,pengarang dari Perancis Melchisedech Thevenot, menulis bauku The Art of Swimming yang menjelaskan mengenai renang gaya dada.

Pada tahun 1875, Kapten Matthew Webb berhasil mencatatkan diri sebagai orang pertama yang pernah melakukan teknik gaya dada. Beliau berhasil menyebrangi selat Inggris yang memiliki lebar 34,21 KM, dengan memakai gaya dada selama 21 jam 45 menit.

Itulah sejarah singkat renang gaya dada.

Olimpiade St. Louis tahun 1904 merupakan Olimpiade pertama kali yang mempertandingkan perlombaan gaya dada terpisah dengan jarah 440 yard atau 402 meter.

Sejarah Renang Gaya Bebas

renang gaya bebas
1.bp.blogspot.com

Adapun sejarah renang gaya bebas dalam artikel ini, John Arthur Trudge merupakan pelatih renang yang mempelajari gaya bebas dari penduduk asli Amerika Selatan pada tahun 1873.

Teknik berenang gaya bebas kemudian dikembangkan kembali oleh Richmond perenang asal Australia.

Pada tahun 1905 setelah bertemu dengan perenang Autralia Barney Kieran yang mengadakan tur ke Ingris. Perenang gaya trudgen asal Amerika Serikat, Charles Daniels memutuskan untuk menguasai gaya krol Autralia yang dipelajari dari Kieran.

Gaya krol Australia diubah sedikit demi sedikit oleh Daniels menjadi gaya bebas seperti gaya bebas yang dikenal banyak orang sekarang.

Itulah sejarah singkat renang gaya bebas dalam artikel ini.

Sejarah Renang Gaya Punggung

renang gaya punggung
4.bp.blogspot.com

Dalam sejarah renang gaya punggung yang akan kami sampaikan, renang gaya punggung merupakan gaya berenang yang telah dikenal sejak zaman kuno.

Teknik gaya punggung pertama kali dipertandingkan di Olimpiade Paris pada tahun 1900.  Dalam sejarah renang gaya punggung, teknik ini menjadi gaya renang yang tertua yang dipertandingkan setelah gaya bebas.

Itulah sejarah singkat renang gaya punggung dalam artikel ini.

Sejarah Renang Gaya Kupu-kupu

renang gaya kupu kupu
tasidola.com

Adapun sejarah renang gaua kupu-kupu telah ditemukan pada tahun 1933, oleh seorang perenang yang berasal dari Amerika Serikat yang bernama Henry Myres yang telah mengenalkan teknik renang gaya kupu-kupu dalam salah satu perlombaan di Brooklyn Central YMCA.

Pelatih renang David Armbruster dari Universitas lowa meneliti masalah hambatan air sewaktu berenang gaya dada.

Pada tahun berikutnya tepatnya 1934, Armbruster diduga telah memperbaiki motode dalam mengayunkan lengan ke depan sewaktu berenang gaya dada. Asal usul lahirnya gaya kupu-kupu, oleh Armbruster.

Pada tahun 1935, perenang yang bernama Jack Sieg dari Universitas lowa mengembangkan teknik menendang seperti sirip ekor pada ikan.

Kemudian Armbruster dan Sieg lalu bersama-sama memadukan metode tersebut untuk bisa menjadi gaya renang yang sangat cepat. Satu ayunan dari gerakan lengan dengan dua tendangan lumba-lumba.

Itu;ah sejarah singkat mengenai renang gaya kupu-kupu dalam artikel ini.

Induk Organisasi Renang Renang Nasional dan Internasional

induk organisasi renang indonesia dan dunia

Berbicara mengenai sejarah dan induk organisasi renang Nasional maupun Internasional. Mungkin yang terlintas dibenak Anda adalah apa nama induk organisasi renang Dunia dan Nasional?

Berikut ini adalah induk organisasi renang.

Induk Organisasi Renang Dunia

organisasi renang dunia fina
kazan2015.com

Dalam sejarah perkembangan renang, telah terbentuknya suatu wadah yang telah menampung olahraga ini.

Induk organisasi renang dunia FINA atau Federation International de Natation, yang bermarkas di Laussane, Swiss.

Kapan Fina didirikan? Organisasi FINA berdiri pada tanggal 19 Juli 1908 di sebuah hotel Manchester. Berdirinya oragnisasi FINA bertepatan dengan diadakannya Olimpiade London pada tahun 1908.

Saat itu FINA didirikan pertama kali dengan delapan negara yang bersedia menjadi anggota yaitu:

  1. Jerman.
  2. Belgia.
  3. Denmark.
  4. Britania Raya.
  5. Finlandia.
  6. Perancis.
  7. Hongaria.
  8. Swedia.

Itulah 8 anggota pertama yang mengikuti atau masuk menjadi anggota dari federasi renang di Dunia, kini FINA memiliki 197 negara di Dunia yang ikut di bawah naungan organisasi ini.

Kejuaraan Dunia FINA

Dalam kejuaraan olimpiade FINA yang terlaksana, ada beberapa kejuaraan renang yang didirikan oleh FINA diantaranya adalah:

  1. Olahraga Selam.
  2. Renang.
  3. Renang di perairan terbuka.
  4. Renang Indah.
  5. Polo Air.

Kolam yang dipakai dalam perlombaan yang FINA pimpin adalah kolam yang memiliki panjang lintasan 50 meter.

Kejuaraan Renang Dunia FINA 25 Meter

Kejuaraan FINA yang memang khusus renang di dalam kolam renang yang memiliki lintasan pendek yaitu 25 meter.

Kejuaraan ini rutin diadakan setiap dua tahun sekali pada tahun genap.

Kejuaraan Tahunan

Beberapa kejuaraan tahunan di bawah naungan FINA sebagai berikut :

  1. Liga Dunia Polo AIr.
  2. Piala Dunia Polo Air FINA.
  3. Piala Dunia Renang FINA.
  4. Diving Grand Prix.
  5. Piala Dunia Grand Prix perairan terbuka FINA di atas 10 KM.
  6. Piala Dunia Renang Marathon FINA 10 KM.
  7. Kejuaraan Dunia Renang perairan terbuka.
  8. Kejuaraan Dunia FINA Masters.
  9. Kejuaraan Renang indah.
  10. Kejuaraan Dunia Renang sesuai kelompok umur.
  11. Kejuaraan Dunia Selam Junior.

Induk Organisasi Renang Indonesia

organisasi renang indonesia prsi
4.bp.blogspot.com

Induk organisasi renang indonesia adalah PRSI atau Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Sejarah olahraga renang di Indonesia mulai berdiri pada 21 Maret 1951 di Jakarta.

Pada awal terbentuknya oragnisasi PRSI ini di pimpin oleh Prof. dr. Poerwo Soedarmo.

Organisasi renang juga terus mengalami perkembangan yang baik.

Itulah sejarah singkat tentang renang, semoga artikel ini dapat menambah wawasan mengenai olahraga renang.

Jika Anda tertarik dengan olahraga renang, cepat mulailah untuk melankah lebih maju. Siapa tahu nantinya Anda bisa menjadi salah satu atlet yang dapat membawa nama Tanah Air untuk menjuarai renang.