Senam Irama atau Senam Ritmik

12 min read

senam irama

Senam irama, apa yang terlintas dalam benak Sobat ini ketika mengetahui kata-kata tersebut.

Apakah senam irama ini merupakan senam yang menggunakan musik tertentu, bisa juga merupakan senam untuk ibu hamil, senam aerobik, senam artistik atau senam lain yang memekai musik.

Memang benar, dari sekian banyak jenis senam yang menggunakan musik sebagai panduan dalam gerakan tersebut. Akan tetepi senam irama ini berbeda dan definisi dari senam irama juga bukan seperti itu.

Dalam artikel ini resaja.com akan membahas secara lengkap tentang materi senam irama mulai dari pengertian, sejarah, macam-macam gerakan senam irama beserta gambarnya lengkap.

Langsung saja yuk, cek di bawah ini.

Pengertian Senam Irama

pengertian senam irama
Pengertian Senam Irama

Apa yang dimaksud dengan senam irama?

Pengertian senam irama atau senam ritmik adalah gerakan senam yang dapat dilakukan dengan irama musik atau latihan gerakan bebas yang dilakukan secara berirama.

Senam irama atau ritmik juga bisa dilakukan dengan alat-alat yang dapat di pegang (hand aparatur).

Pada awalnya senam irama merupakan perpaduan gerakan-gerakan kalestenik (bebas), dimana bersifat lemban serta diiringi dengan musik bahkan nyanyian dengan serempak bersama-sama.

Kemudian dalam perkembangannya senam irama lebih bersifat kompetitif dan namanya menjadi senam ritmik modern (modern rhytmic gymnastic).

Nah, dengan perkembangan zaman senam ritmik atau irama bisa dilakukan ditempat uang luas seperti lapangan dan dilakukan dengan ramai-ramai yang diiringi musik.

Itulah pengertian senam irama secara umum.

Pengertian Senam Irama Menurut Para Ahli

Adapun pengertian senam irama menurut para ahli, bahwa mereka memiliki pendapat yang beragam mengenai apa yang dimaksud dengan senam irama ini.

Ada beberapa pendapat tentang materi pengertian senam irama atau ritmik ini. Berikut ini definisi tentang pengertian irama menurut para ahli:

  • Heather C. Plamer

Pengertian senam ritmik atau irama adalah olaharaga yang membawa kesenagan dan kegembiraan dalam bergerak dengan alat bantu berupa iaram amusik tertentu.

  • Muhajir

Definisi pengertian senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau latihan bebas yang dapat dilakukan dengan berirama.

  • Sukarma

Pengertian senam irama atau senam ritmik menurut Sukarma adalah gerakan senam yang dialakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dialakukan secara berirama.

  • Margono

Menurut Margono pengertian senam irama atau ritmik adalah suatu latihan gerak tubuh dengan sistematis yang bertujuan dalam membentuk gerakan yang harmonis dalam pengembangan fisik dan kemampuan gerak seseorang.

  • Mahendra

Pengertian senam ritmik atau irama menurut Mahendra yaitu kegiatan yang memiliki tujuan utama dalam mengembangkan bentuk secara harmonis dalam komponen fisik dan kemampun gerak.

  • Peter H. Werner

Pengertian senam irama adalah salah satu latihan tubuh yang dirancang untu meningkatkan daya kelenturan dan daya tahan kekuatan dengan menggunakan alat pada lantai.

  • Imam Hidayat

Menurut pendapat dari Imam Hidayat adalah suatu bentuk latihan tubuh yang telah direncanakan dan tersusun dalam meningkatkan kebugaran dan meningkatkan keterampilan.

  • Sutrisno dan Khadafi

Menurut pendapat Sutrisno dan Khadafi pengertian senam irama adalah suatu kegiatan latihan jasmani yang sudah terencana dangan membentuk gerakan tubuh yang teratur dengan tujuan tertentu.

  • Madijono

Menurut madijono pengertian senam irama adalah kegiatan latihan fisik secara tepilih dengan melibatkan suatu gerakan terpilih untuk mendapatkan manfaat yang berguna untuk tubuh.

Nah, itulah pengertian senam irama menurut para ahli yang dapat kami sampaikan.

Sejarah Senam Irama

sejarah senam irama
Sejarah perkembangan senam irama di indonesia

Adapun sejarah perkembangan senam irama, asal usul kemunculan senam irama atau senam ritmik ini, dimulai dari gagasan Jean Georges Noverre pada tahun 1727-1810,  Francois Delsarte (1811-1871) dan Rudolf Bode (1881-1970).

Mereka bertiga memepercayai bahwa pentingnya ekspresi gerak olah tubuh dapat menciptakan suatu keindahan dengan cara rangkaian gerakan tertentu.

Dari definisi tersebut barulah dikembangkan kembali oleh Peter Henry Ling pada abad kr-19, sewaktu dalam latihan yang disebut dengan Swedish atau sistem Swedia.

Dari beberapa gerakan yang mempromosikan sebagai Gymnastik Estitis, dimana seorang atlet yang dapat mengekspresikan dirinya melalui emosi dan perasaan dengan gerakan tubuh.

Kemudian gagasan tersebut dikembangkan kembali oleh Catharine Beecher, beliau adalah pendiri Institute Western Female di Ohio Amerika Seikat pada taun 1837.

Program itu diberinama dengan Grace Wihtout Dancing, para pemain senam perempuan dapat berlatih dengan diiringi musik dengan beberapa gerakan sederhana yang kompleks.

Kemudian banyak pelopor tentang gerakan olah tubuh, ekspresi tubuh serta musik dengan berbagai gaya.

Ditahun 1900-an gaya tersebut dikombinasikan di sekolah Gymnastic Rhytmic di Swedia yang banyak mengemabangkan hal yang serupa atau mirip.

Pada tahun 1929 seorang tokoh yang bernama Hinrich Medau mendirikan sebuah sekolah di Berlin sekaligus menciptakan gagasan mengenai gymnastic modern yang memiliki perbedaan dasar dari gaya-gaya sebelumnya. Dimana gaya yang sebelumnya menciptakan sestem gerak artistik dengn menggunakan alat berupa bola, tali, pita, simpai dan gada.

Sehingga senam tersebut yang kita kenal dengan balet kontemporer, akrobatik atau tari.

Sebuah ajang kompetisi senam irama di Rusia yang diselenggarakan pada tahun 1940. FIG atau Federation Internationale de Gymnastique sebagai induk organisasi senam internasional.

Kemudian FIG memasukan olahraga senam kedalam salah satu cabang senam pada tahun 1961.

Berawal dari sinilah sejarah senam irama disebut dengan senam gismatik yang kemudian berubah nama menjadi gimnastic ritmis dan yang terakhir diubah menjadi senam ritmis.

Pertandingan internasional dimulai pertama kali dalam cabang senam untuk para atlet individu di Budapest pada tahun 1963. Kemudian untuk pertandingan kelompok dalam kompetisi Copenhan Denmark pada tahun 1967.

Senam tersebut mulai diadakan pada olimpiade, yang terlaksana pada tahun 1984, di Los Angles di kelas individu. Kemudian disusul dengan pertandingan kelompok senam irama pada tahun 1966 di olimpiade Atlanta.

Prinsip Gerakan Senam Irama

prinsip senam ritmik
Gerakan Senam Irama

Dalam senam irama ini memiliki 3 prinsip yang harus Sobat ketahui, sebutkan 3 prinsip senam irama?

  1. Irama.
  2. Fleksibelitas tubuh.
  3. Konstitunitas gerak.

Berikut in penjelasan tentang 3 prinsip senam irama.

1. Irama

Adapun prisnsip senam irama yang pertama adalah irama.

Sesuai dengan nama dari senam irama, irama menjadi hal yang sangat pening. Irama dalam senam tidak selalu berkaitan dengan musik, tetapi dengan ritme gerakan tubuh yang dapat melakukan gerakan dengan tempo cepat, sedang dan lambat sebagai mobilitasnya dan leveliatas tubuhnya.

Musik atau irama dalam hel ini membrikan dorongan dalam penghayatan seorang atlet dalam menggerakan tubuh.

2. Fleksibelitas Tubuh Senam Irama

Pada dasarnya senam irama membutuhkan adanya unsur fleksibelitas tubuh.

Fleksibiletas tubuh juga sangat berperan penting untuk senam irama, selain prinsip irama fleksibeletas tubuh juga menjadi suatu prinsi dalam senam irama.

Definisi dari fleksibelitas itu sendiri adalah kemampuan tubuh dalam menciptakan dan melakukan berbagai jenis gerakan dengan alat bantu atau tanpa alat.

Fleksibelitas tubuh ini terus dikembangkan sebagai bentuk latihan sejak awal sampai menajdi atlet profesional.

Walaupun kemudian ia telah berhasil dalam menjadi atlet yang profesional, melatih fleksibilitas masih terus berlanjut.

3. Kontinuitas Gerak Senam Irama

Untuk prinsip dasar senam irama yang terakhir adalah kontinuitas gerak.

Gerakan yang tersusun dalam suatu koreografi utuh dalam senam irama sebagai bentuk dalam kontinuitas gerak.

Bentuk gerakana dalam senam irama bukan hanya sekedar campuran atau penggabungan gerakan senam semata.

Namun rangkaian gerakan yang tersususun mulai dari beberapa komsep yang kuat dangan gagasan tertentu. Maka konstinuitas gerak koreografi tersebut seolah mengalir seperti kisah yang disampaikan melalui gerak olah tubuh.

Itulah 3 prinsip gerakan senam irama.

Jenis Jenis Latihan Senam Irama

jenis senam irama
Jenis Jenis Latihan Senam Irama

Dalam senam irama yang diperlombakan terdapat 2 jenis kategori yang bisa dijalankan, yaitu:

  • Individu

Senam irama dalam kategori individu hanya akan dilakukan oleh seorang atlet dengan mempertunjukan koreografinya, baik dengan alat atau tanpa alat.

  • Kelompok

Dalam senam irama kategori kelompok dilakukan dengan berkelompok, para atlet juga bia menggunakan satu jenis alat dalam merangkai gerakan koreografi.

Macam Macam Senam Irama dan Penjelasannya

macam macam senam irama
gudangpelajaran.com

Adapun macam-macam senam irama yang terbagi menjadi beberapa cabang. Dalam artikel ini terdapat 5 macam-macam senam irama berdasarkan alat yang digunakan, yaitu:

1. Senam Irama dengan Alat Bola

Untuk macam-macam senam irama yang pertama adalah senam irama menggunakan bola.

Senam ritmik atau irama yang dilakukan dengan alat berupa bola, dapat digunakan oleh atlet dalam kategori individu dengan satu bola yang dipergunkan.

Dalam perlombaan senam kategori berkelompok, dapat dilakukan dengan lebih dari satu bola, namun dengan bola miliki rekannya. Bola dalam senam irama dapat dilakukan dengan cara dilempar, dibawa dengan bebrbagai macam jenis gerakan yang lainya.

Semakin sulit dalam memainkannya maka perhitungan poin juga akan lebih banyak.

2. Senam Irama dengan Alat Pita

Sama halnya dengan senam irama atau ritmik yang menggunakan alat berupa bola. Para atlet juga diperbolekan menggunkan satu pita per atlet, yang akan dimainkan dengan berbgai macam gerakan dan gaya dari masing-masing altet.

Penggunaan pita pada senam irama dapat dilakukan dengan putaran yang berpola kecil, dilempar bahkan dilepaskan dan cara yang lainnya.

3. Senam Irama dengan Alat Tali

Adapun macam-macam senam irama yang ke 3 dalam artikel ini adalah senam irama dengan alat tali.

Penggunaan alat berupa tali pada senam irama memiliki kesamaan dengan penggunaan alat berupa pita.

4. Senam Irama dengan Alat Gada

Setiap atlet senam ritmik dapat memegang dua buah gada yang dapat dipegang dengan satu atau dua tangan sekalgus.

Gada dalam senam irama dimainkan denga dilempar ke udara, mulai dari gerakan yang sederhana sampai yang tersulit.

5. Senam Irama dengan Alat Simpai

Nah, untuk macam-macam senam irama yang ke 5 atau yang terkahir adalah senam irama dengan menggunkan simpai.

Simpai yang digunakan dalam senam irama digunakan dengan cara dilemparkan, hampir sama dengan alat gada.

Namun cara memaikannnya dengan diputar di berbagai bagian tubuh, muai dari pergelangan tangan, bisa juga dengan memutar tubuh yang bertumpu dengan satu kaki.

Itulah 5 macam-macam gerakan senam irama dan penjelasannya.

Unsur-unsur Gerakan Senam Irama

unsur senam irama
unsur senam irama

Berikut ini adalah unsur dalam senam irama atau ritmik yang wajib diketahui dan dimengerti oleh atlet senam.

1. Unsur Kelenturan Senam Irama

Kelenturan dalam senam irama sangat berguna dalam membenruk pola gerakan tubuh. Selain itu kelenturan  murupakan hal yang utama karena senam ritmik ini sangat kental dengan nuansa senam balet dan akrobatik.

2. Unsur Kekuatan Senam Irama

Kekuatan dalam senam iarama atau ritmik merupanakan pondasi untuk semua atlet senam.

Tanpa adanya kekuatan dalam melakukan berbagai macam gerakan senam, seorang atlet pastinya akan kesulitan dalam melakukan gerakan yang sulit.

3. Unsur Keterampilan Senam Ritmik

Selain penilaian yang dilakukan dengan kreativitas atau keterampilan dalam gerakan senam.

Pada umunya perlombaan senam irama memiliki banyak variasi gerakan dalam mendaoatkan nilai.

4. Unsur Keseimbangan Senam Ritmik

Keseimbangan dalam senam irama adalah salah satu bentuk utama dari senam, yang berguna dalam koreografi gerakan.

Keseimbangan dibutuhkan dalam gerakan yang sulit sperti berputar dengan titik tumpu satu kaki serta keseimbangan dalam menangkap bola.

5. Unsur Keluwesan Senam Ritmik

Keluwesan gerakan seorang atlet dalam senam, menunjukan kegigihan dalam latihan yang pernah dilakukan oleh atlet.

Keluwesan dalam senam irama dapat juga berfungsi bila sewaktu-waktu atlet membutuhkan gerakan improvisasi dalam performanya.

Keluwesan yang dimaksud tidak terfolus di tubuh saja, tapi juga atas respon yang dilakuakan dalam berbagai hal yang sedang berlangsung.

6. Unsur Ketepatan Senam Ritmik

Ketepatan dalam senam irama membutuhkan perhitungan yang matang, tidak hanya menghitung pola langkah pada ruangan, detik jatuhnya gerakan, namun dilakukan dengan gerakan yang seirama bersamaan dengan musik yang mengiringi.

7. Unsur Keindahan Senam Ritmik

Sebagai bentuk keindahan dalam gerak tubuh, dalam unsur keindahan senam menjadi poin yang paling penting yang harus diperhatikan.

Poin sangat penting karena senam irama yang terlahir dari seni pertunjukan dan asih menjadi elemen yang terus menempel serta menjadi elemen utama selam senam ritmik.

Itulah beberapa unsur dalam senam irama.

Teknik Dasar Senam Irama Beserta Gambarnya

gerakan dasar senam irama
Teknik Dasar Senam Irama

Adapun teknik dasar dalam gerakan senam irama bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu gerakan dengan alat dan tanpa alat.

Berikut ini gerakan dasar senam irama tanpa menggunakan alat.

Gerakan Dasar Senam Irama Tanpa Alat

Teknik Dasar Langkah Kaki Senam Irama

Teknik dasar yang dibutuhkan sebagai tahapan senam irama merupakan gerakan kaki atau pola kaki.

Teknik dasar gerakan kaki dalam senam irama didominasi dengan hal-hal berikut ini:

  • Langkah Biasa atau Loopas
  1. Pada teknik awal, langkah biasa dengan sikap tubuh yang berdiri secara tegak.
  2. Tangan berada di pinggang.
  3. Pada hitungan pertama kaki kanan yang bergerak terlebih dahulu.
  4. Barulah hitungan yang kedua kaki kiri yang digerakkan
  • Langkah Depan atau Galoppas
  1. Ambil awalan dengan badan tegap.
  2. Kedua tangan berada di pingang.
  3. Hitungan pertama kaki berada di depan.
  4. Hitugan kedua kaki kiri maju ke depan.
  5. Kedua kaki bergerak secara bergantian.
  • Langkah Rapat atau Bijtrekpas
  1. Rapatkan langkah kaki dengan posis tubuh berdiri tegak.
  2. kedua tagan di pinggang.
  3. Pada hitungan yang pertama kaki kanan bergerak maju terlebih dahulu.
  4. Hitungan ke dua kaki kiri bergantian maju ke depan.
  5. Kedua kakiknudian dilangkahkan secara bergantian.
  • Langkah Samping atau Zijpas
  1. Untuk melakukan teknik langkah samping dapat dialakukan dengan ambil sikap tubuh dengan berdiri tegap.
  2. Kedua tangan di pinggul.
  3. Hitungan pertama kaki kanan dan kedua kaki kiri bergerak secara bergantian.
  4. Kemudian dilanjutkan bergerak ke samping.
  • Lompat Depan
  1. Pada dasar lompatan dapat dilakukan dengan ayunan kaki sebagai titik tumpu.
  2. Sikap awalan masih sama yaitu berdiri tegak.
  3. Keda tangan berada di pinggang.
  4. Pada hitungan pertama melompat dengan kaki kanan yang kemudian pada hitungan berikutnya akan diasusul dengan kaki kiri.
  • Lompat dengan Membuka dan Menutup Kaki
  1. Ambil sikap awalan dengan badan tegap dan penuh semangat.
  2. Kedua tangan di pinggang.
  3. Pada hitungan pertama kedua keki melebar ke samping.
  4. Pada hitungan ke dua kaki akan ditutup secara bersamaan.
  5. Gerakan dilakukan dengan bergantian.
  • Langkah Keseimbangan
  1. Ambil sikap awalan dengan sikap tegap.
  2. Pada hitungan pertama, kaki kiri lah yang bergerak maju terlebih dahulu yang kemudian diususul dengan kaki kanan.
  3. Tumit masih terangkat ketika kkai mundur dan kaki kanan kemudian menyusul ke belakang dan rapat.

Teknik Ayunan Lengan

Setelah mengetahui teknik dasar dalam langkah kaki senam irama, kemudian gerakan dasar senam irama selanjutnya adalah teknik ayunan lengan.

Ayunan kedua tangan ini dilakukan dengan selaras baik antara tangan maupun kaki, serta gerakan yang lainya. Berikut ini teknik ayunan lengan pada senam irama atau senam ritmik ini:

  • Ayunan Lengan Setinggi Bahu
  1. Sikap awalan dengan bedan berdiri tegap.
  2. Lengan diluruskan ke bawah yang dilanjutkan dengan jalan di tempat.
  3. Angkat lengan kanan setinggi bahu dengan membentuk 90 derajat kemudian lengan bisa diturunkan kembali.
  4. Gerakan bisa dilakukan di tempat.
  5. Lakukan hal yang sama dengan lengan yang berbeda secara bergantian.
  • Ayunan Lengan ke Atas Lurus
  1. Ambil sikap badan dengan berdiri tegap.
  2. Lakukan jalan ditempat, dan kedua tangan rapat di sisi samping tubuh.
  3. Lengan diayunkan ke atas secara bergantian antara sebelah kanan dan kiri.
  4. Lakukan secara bergantian dengan badan masih dalam keadaan jalan ditempat.
  • Rentangan Tangan
  1. Dalam melakukan teknik ini perlu sikap awal dengan posisi badanyan tegap.
  2. Lakukan dengan jalan di tempat dan kedua tangan berada di sisi badan.
  3. Kedua tangan dikepal, kemudian ke depan dada sambil mengangkat siku sejajar dengan bahu.
  4. Gerakan meluruskan lengan kanan ke samping kanan bisa dilakukan, lalu tekuklah kembali.
  5. Lakukan dengan bergantian.
  • Dorongan Tangan ke Atas
  1. Ambil sikap tegap.
  2. Berjalan ditempat dan kedua tangan berada di sisi badan.
  3. Kepal kedua tangan di pinggang, kemudian mengarah ke atas dan jangan lupa untuk menenukuk siku.
  4. Tangan kanan mendorong ke atas dengan mumutar pergelangan tangan untuk menghadap ke dapan.
  5. Lanjutkan gerakan kembali dengan sikap awalan.
  6. Setelah lengan kanan, kemudian kemudian lakukan dengan tangan kiri dan lakukan secara berulang.

Dari teknik dasar senam irama di atas ini, termsuk kedalam gerakan inti senam irama yang mudah untuk dipelajari dan dikembangkan dalam kategori tanpa alat.

Gerakan Dasar Senam Irama dengan Alat

gerakan senam irama dengan alat

Gerakan senam irama dengan bantuan alat, memiliki hal yang diprioritaskan menggunakan alat-alat tertentu seperti; bola, tali, gada, pita dan simpai.

Berikut ini adalah contoh dari gerakan senam irama yang menggunakan alat yang pernah dilakukan oleh beberapa atlet senam irama:

  1. Atlet mamasuki lapangan atau area sekaligus menyiapkan peralatan yang dipakai, sekaligus bersiap dengan posisi untuk siap memulai senam. Gerakan ini merupakan gerakan awal yang umum dilakukan oleh pesenam.
  2. Seorang atlet yang mengunakan bola, biasanya atlet akan memainkannya dengan cara melemparkan bola tersebut. Kemudian melakukan gerakan tertentu, dan disusul dengan penangkapan bola dengan tangan kanan dengan posisi tangan kanan terangkat dan telapak kanan terbuka.
  3. ketika atlet menggunakan pita, ada beberapa beberapa gerakan yaitu berputar lalu salah satu tanganya memegang stik pita memutar sampai dapat membentuk pola tertentu.
  4. Senam irama yang dilakukan dengan alat berupa tali, memiliki kesamaan dalam menggerakan kreativitasnya seperti menggunakan pita.
  5. Senam irama yang menggunakan gada, memiliki gerakan seperti melempar gada ke atas atau atlet akan melakukan salto (koprol) ditempat dan bersiap dalam menangkap gada dengan tangan.
  6. Atlet yang menggunakan simpai, biasanya melakukan gerakan dengan salah satu kakinya dengan posisi kayang sehingga terlihat seperti salah satu kakinya yang menyangga tubuh.

Dari beberapa conoth di atas adalah gerakan senam irama atau ritmik yang menggunakan alat sebagai. Namun gerakan yang dilakukan setiap atlet akan berbeda-beda sesuai dengan perkembangan yang dikembangkan sendiri.

Macam Macam Alat Senam Irama

alat senam irama
beritasatu.com

Adapun macam-macam alat dalam senam irama yang sering digunakan dalam suatu perlombaan.

Alat yang sering dipergunakan dalam senam irama yang sesuai dengan peraturan dari FIG atau Federation Internationale de Gymnastique, diantaranya:

  1. Bola / ball
  2. Pita / ribbon
  3. Tali / rope
  4. Simpai / hoop
  5. Gada / club

Berikut ini penjelasan tentang 5 macam alat senam irama yang sering digunakan dalam perlombaan:

1. Bola Senam Irama

bola senam irama
Macam Macam Alat Senam Irama

Adapun macam-macam alat senam irama yang pertama adalah bola.

Bola yang digunakan dalam senam irama berdimeter 18-20 cm. Bahan dasar atau material pembuatan bola adalah karet atau platik dengan berat 400 gram.

Bola dalam senam irama dapat dilalukan dengan cara melempar sampai digelindingkan sesaui dengan variasi gerakan yang akan dilakukan. Namun ketika melakukan koregrafi bola tidak boleh terjatuh ke tanah.

2. Pita Senam Irama

pita senam irama
Macam Macam Alat Senam Irama

Pita yang digunakan dalam keompetisi senam irama terbuat dari bahan pilihan yang bersifat halus yang diberi pegangan berupa tongkat pendek berukuan 35 cm dengan diameter 1 cm.

Semantara untuk ukuran pita yang digunakan memiliki utkuran panjang 6 meter, yang digunakan pesenam senior. Untuk pesenam junior berukuran 5 meter serta lebar pita adalah 4-6 cm dengan berat 35 gram.

Tata cara untuk memainkan pita dengan mengayunkannya, bisa juga dibuat lingkaran dan semacamnya untuk mengiringi gerakan pola tubuh.

Paraturan dalam memainkanya adalah pita tidak boleh jatuh atau membuat pita menjad kusut bahwan terlilit.

3. Tali Senam Irama

tali senam irama
Macam Macam Alat Senam Irama

Tali yang digunakan dalam senam irama atau senam ritmik bukan sembarang tali biasa. Talu yang berbahan dasar halus sehingga nyaman untuk dipegang oleh atlet.

Bahan yang digunakan dalam mebuat tali adalah serat sintesisi yag diberi warna menarik dan sangat cocok untuk dipadukan dengan kostum pesenam.

Panjang tali yang digunakan juga bervariasi sesuai dengan bentuk postur tubuh pesenam.

Tali ini dimaiankan dengan cara yang hampir sama dengan cara skiping, mengayunkannya dengan membentuk lingkaran sampai dileparkan asal tidak akan jatuh ke atas tanah ketika melakukan akrobatik.

4. Simpai Senam Irama

simpai senam irama
Macam Macam Alat Senam Irama

Simpai yang boleh digunakan dalam perlombaan senam irama atau ritmik adalah simpai yang memiliki ukuran berdiameter 51-90 cm, dengan berat 300 gram.

Simpai berbahan dasar dari kayu dengan warna uang natural bahkan warna variasi.

Tata cara dalam memainkan simpai dalam senam, dapat dilakukan dengan cera memegang kemudian menangkapnya kembali. Dapat juga untuk diputar di leher, tangan, dada bahkan pinggul.

5. Gada Senam Irama

gada alat senam irama
Macam Macam Alat Senam Irama

Gada yang dipakai atlet dalam ajang perlombaan senam irama berjumlah dua buah gada.

Gada yang dipergunakan untuk senam adalah gada yang berukuran panjang 40-50 cm, serta terbuat dari bahan plastik polyolefin, dengan berat 150 gram.

Tata cara dalam memainkan gada dengan ayunan, dilemparkan ke atas untuk ditangkap kembali, namuan hal yang dilarang ketika gada terjatuh ke tanah.

Itulah macam-macam alat yang digunakan dalam perlombaan senam irama atau ritmik.

Nilai-nilai Senam Irama

nilai senam irama

Senam irama merupakan salah satu kegiatan yang menyehatkan. Rangkaian senam irama yang menggunakan alat atau non alat dengan iringan irama atau musik, akan menciptakan nilai-nilai penting dalam senam.

Berikut ini nilai nilai dalam senam irama atau ritmik:

Nilai Estetika Senam Irama

Nilai estetika yg terkandung dalam senam irama adalah gerakan dalan senam akan menarik sehkaligus kelihatan lebih indah. Kerana gerakan senam irama tidak hanya olahraga biasa saja yang termakna didalamnya, tetapi juga terdapat unsur gerakan seni.

Nilai Kedisiplinan

Gerakan yang terbentuk melalui irama musik, mulai dari ayunan tangan sampai gerakan kaki yang dilakukan secara harmonis.

Maka akan muncul kedisiplinan sebagai nilai keselarasan gerakan yang dilakukan dengan irama musik yang manjadi pengiring.

Nilai Toleransi Senam Irama

Gerakan senam irama atau ritmik yang dilakukan bersama-sama, menciptakan nilai toleransi yang terbentuk dengan gerakan yang diikuti sesuai dengan kelompok.

Itulah nilai-nilai dalam senam irama.

Tujuan Senam Irama

tujuan senam irama
Tujuan Senam Irama

Adapun tujuan senam irama yang paling utama dalam senam irama ketika dalam kompetisi adalah menadapatkan skor yang tebaik.

Namun tujuan dalam kesehatan tubuh senam irama memiliki banyak keuntungan yang diperoleh bagi atlet senam tersebut.

Selain itu koreografi yang tercipta dalam senam irama bertujuan untuk menghibur dan membuat para penonton takjub dengan akrobat gerakan yang fenomenal. Senam irama yang membutuhkan ketahanan fisik yang kuat serta kreatifitas gerak bagi para atlet.

Semakin sulit gerakan yang akan dilakukan maka menandakan bahwa kedalaman dalam melatih gerakan tersebut.

Sehingga kepuasan yang tersendiri akan mencul ketika bisa melewati batas kemapuan diri sendiri serta bisa menciptakan gerakan baru, sebagai bentuk rasa kesenangan dalam melakukan senam irama atau ritmik ini.

Itulah tujuan dari senam irama.

Manfaat Senam Irama

manfaat senam irama

Menurut Sobat apa manfaat dari senam irama atau ritmik bagi tubuh kita ini?

Berikut ini adalah manfaat senam irama yang berguna untuk tubuh.

  1. Membakar lemak dan kalori yang ada pada tubuh.
  2. Membantu Menurunkan Berat Badan.
  3. Memperbaiki bentuk fisik.
  4. Meningkatkan kesehatan jantung.
  5. Memperbaiki keseimbangan fisik.
  6. Menyehatkan mental dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Kesehatan dan kebugaran badan.
  8. Lebih percaya diri dan bahagia.
  9. Membangun interaksi sosial dan dinamika kelompok yang terjalin dengan baik.
  10. Perkembangan otak dengan pikiran yang berkoordinasi dengan tubuh dalam melakukan senam.
  11. Membuat perasaan lebih bahagia.
  12. Menghilangkan stres.
  13. Memiliki pola hidup yang aktif.
  14. Mencegah timbulnya penyakit.
  15. Menurutkan berat badan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa efek dari senam irama bagi tubuh dalam kesehatan jasmani, atlet dapat menjadikan tubuh terjaga kesehatan dan kebugarannya.

Selain itu manfaat yang dapat penonton rasa adalah kesenangan dengan hiburan pertunjukan serat daya tarik untuk penonton akan ikut serta dalam melakukan kegitan olahraga.

Mungkin cukup sekian pembahasan materi tentang artikel senam irama yang kami sampaikan dengan lengkap mulai dari pengertian, sejarah, sampai macam-macam dan teknik dasar.

Semoaga bisa membantu dalam menyelesaikan tugas, baik skripsi, makalah, kliping dan yang lainya dalam materi pembahasan senam irama atau ritmik ini.