Senam Artistik

4 min read

senam artistik

Senam merupakan merupakan olahraga yang menyehatkan tubuh yang dapat membuat tubuh lebih segar serta memperlamcar peredarah darah.

Nah, tahukah sobat ini bahwa perkembangan senam terus mengalami kemajuan yang pesat, terutama dalam perkembangannya di Indonesia. Karena itulah senam pada masa kini sudah tercipta gerakan-gerakan kombinasi senam modern.

Dari sekian banyaknya senam mulai dari senam irama, senam lantai, senam aerobik dan yang lainya.

Dalam artikrel ini resaja akan memperdalam pengetahuan mengenai senam artistik yang akan kami bahas mulai dari pengertian, sejarah, macam-macam sampai tujuan.

Simak yuk, pembahasan mengenai senam artistik di bawah ini.

Pengertian Senam Artistik

pengertian senam artistik

Pengertian senam artistik adalah jenis senam yang menggabungkan aspek berguling dan akrobatik untuk mendapatkan gerakan yang indah atau artistik dengan menggunakan alat.

Sanam artistik dalam bahasa inggris disebut juga dengan artistic gymnastics.

Pengertian senam menurut Muhajir adalah kegiatan utama paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.

Sejarah Senam Artistik

sejarah senam artistik

Sejarah senam artistik mulanya kata senam atau gymnastics yang kita kenal sekarang ini, berasal dari negara Yunani yang artinya ” gerakan yang menerangkan macam-macam gerak yang telanjang. Pada masa tersebut senam juga sebagai faktor dalam menjaga kebugaran tubuh.

Asal usul dari senam artistis telah dipraktekkan sejak zaman prasejarah, yang dipergunakan dalam melatih fisik serta menunjukan kemampuan.

Pada zaman sejarah senam artistik di Mesir dan Yunani kuno, sejarah perkembangan senam artistik ini benar-banar mulai mendapatkan popularitas dan antusias dari masyarkat yang tinggi.

Namun baru pada abad ke-19 barulah senam mulai diperlombakan dan muncul beberapa peraturan.

Sejarah senam artistik dianggap sebagai salah satu demonstrasi seni dari pada olahraga yang teratur dalam awal olimpiade pelombaan.

Dari sekian banyak macam-macam senam dari nomor senam kuno, senam alat, senam sekolah, senam aerobik, senam irama, senam lantai dan turnen. Perkembangan senam dari tahun ke tahun berikutnya terus mengalami penyempurnaan dan terus berkembang.

Pada akhir abad ke-19 barulah muncul induk organisasi, sebagai wadah dalam cabang olahraga senam internasional.

Federasi tersebut adalah Federation International de Gymnistique atau yang disingkat dengan FIG, sebagai badan pengelola dari senam-senam modern di seluruh dunia.

Itulah sejarah senam artistik di dunia.

Sejarah Senam Artistik di Indonesia

Adapun sejarah senam artistik di Indonesia, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Sejarah perkembangan senam artistik di Indonesia, mulai dikenal ketika menjelang Pesta Olahraga Negara-negara Berkembang I (GANEFO), yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 1963.

Senam artistik merupakan senam yang diperlombakan, sehingga perlu dibentuk sbuag badan organisasi sebagai wadah penampung atlet senam.

Sehingga pada tanggal 14 Juli 1963 dibentuk lah badan organisasi senam yang bernama PERSANI atau Persatuan Senam Indonesia. Organisasi ini muncul atas prakarsa dari tokoh-tokoh olahraga seluruh Indonesia.

PERSANI kemudian dapat membina atlet-atlet senam yang akan ditampilkan dalam perta olahraga GANEFO I dan yang pertama kalinya dalam ajang perlombaan internasional cabang senam.

Tahukah Anda bahwa senam artistik merupakan senam modern yang diperlombakan dalam cabang Asian Games.

Nah itulah sejarah senam di Indonesia yang kini terus mengalami perkembangan dan banyak digemari oleh banyak kalangan di berbagai manca negara.

Baca juga : Kebugaran jasmani.

Macam Macam Senam Artistik

macam macam senam artistik
Macam Macam Senam Artistik

Dari sekian banyaknya macam-macam senam yang dibagi menjadi 6 kelompok menurut FIG dalam Mahendar (2000:11-14) yaitu:

  1. Senam Artistik.
  2. Senam Ritmik Sportif.
  3. Senam Akrobatik.
  4. Senam Aerobik Sport.
  5. Senam Trampolin.
  6. Senam Umum.

Sedangkan menurut Aip Syarifudin dan Muhadi (1992:100) menyatakan bahwa senam dikelompokan menjadi tiga macam yaitu:

  1. Senam Dasar.
  2. Senam Ketangkasan.
  3. Senam Irama.

Dalam senam artistik ini yang menjadi salah satu tujan dari melakukan adalah meningkatkan kebugaran jasmani dan rohani.

Menurut FIG senam artistik adalah senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik untuk mendapatkan efek-efek artistik dari gerakan yang dilakukan dengan alat.

Berikut ini peralatan yang digunakan senam artistik kategori putra yang dilombakan:

  1. Lantai.
  2. Kuda Pelana.
  3. Gelang Gelang.
  4. Kuda Lompat.
  5. Palang Sejajar.
  6. Palang Tunggal.

Untuk peralat dalam senam artistik untuk kategori putri yang dilombakan:

  1. Kuda Lompat.
  2. Palang Bertingkat.
  3. Balok Keseimbangan.
  4. Lantai.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang macam-macam senam artistik berserta gambarnya.

1. Senam Lantai atau Floor Exercise

senam lantai
angalul.com

Adapun macam-macam senam artistik yang pertama adalah senam lantai.

Seperti namanya, senam lantai dilakukan di atas lantai dan kebanyakan gerakan membutuhkan matras sebagai alat bantu.

Pada umumnya, didalam pertandingan resi, senam lantai dilakukan diatas lantai dengan ukuran 12×12.

2. Kuda-kuda Pelana atau Pommel Horse

kuda kuda pelana termasuk alat

Nomor senam yang satu ini hanya khuhus dilakukan oleh seorang laki-laki, karena dalam melakukannya dibutuhkan tenaga dan stamina yang besar. Kuda-kuda itu sendiri memiliki tinggi pinggul 1,10 meter serta panjang 1,60 meter dan lebar 35 cm.

3. Kuda-kuda Lompat atau Horse Vault

Kuda kuda Lompat

Kuda-kuda lompat atau yang biasa disebut dengan horse vault adalah nomor senam yang terlatih lebih mudah dilakukan dari pada nomr yang lainya. Alat dalam kuda-kuda ini memiliki tinggi 1,35 meter yang bisa dilakukan dalam kategori senam artistik putra dan putri.

4. Palang Tunggal atau Horizontal Bar

palang tunggal (horizontal bar)

Dalam perlombaan artistik yang paling populer adalah palang tunggal. Nomor senam ini sangat menarik perhatian masyarakat karena dimainkan dengan indah. Alat yang digunakan memiliki panjang 2,40 meter dan tinggi 2,55 meter.

5. Palang Sejajar atau Parallel Bars

palang sejajar (parallel bars)

Nomor senam ini hanya dilakukan untuk putra dalam senam artistik, karena memerlukan tenaga yang kuat. Pada nomor senam ini sangar bagus untuk memperbesar otot pada lengan.

6. Gelang-gelang atau Rings

gelang-gelang (rings)
mendetail.com

Gelang-gelang atau yag biasa disebut dengan rings adalah salah satu alat yang digunakan pada senam artistik dengan ukuran tinggi 2,55 meter serta jarak 0,55 meter.

Nah itulam pembahasan singkat tentang macam-macam senam artistik.

Manfaat Senam Artistik

manfaat senam artistik

Berikut ini manfaat senam artistik untuk kesehatan, berikut ini 4 manfaat senam artistik.

  • Meningkatkan Fungsi Kognitif

Meningkatkan fungsi kognitif menjadi salah satu senam artistik yang sobat bisa rasakan. Karena gerakan senam artistik sengat bermanfaat dalam melancarkan oksigen secara menyeluruh.

Dengan demikian, kemampuan kognitif atau kemampuan untuk berfikir akan meningkat.

Kognitif adalah salah satu keterampilan penting dalam hidup yang ikut menentukan bagaimana Anda berkembang dan bersosialisai
  • Meningkatkan Kerja Jantung

Gerakan-gerakan yang dilakukan saat senam pasri dilakukan dengan berulang dan rutin.

Maka tidak heran jika salah satu manfaat senam artistik dapat meningkatkan kinerja jantung menjadi lebih cepat. Dapat disimpulkan dalam melakukan gerakan-gerakan senam secara tidak langsung kesehatan jantung juga akan terjaga.

  • Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stress

Karena aktivitas yang dilakukan terkadang memang akan membuat kelelahan. Belum lagi jika ada sesuatu yang harus diselesaikan dalam waktu dekat pasti membosankan.

Hal ini karena, senam menjadi salah satu aktivitas yang bisa meningkatkan hormon endorfin yang bermanfaat untuk meningkatkan mood serta dapat mengurangi stress.

Stress adalah gangguan mental yang dihadapi seorang akibat adanya tekanan.
  • Menurutkan Berat Badan

Salah satu cara dalam menurunkan berat badan yaitu dengan melakukan kegiatan olahraga. Manfaat senam artistik ini sendiri dapat membakar lemak dalam tubuh.

Itulah manfaat senam artistik yang baik untuk kesehtan badan.

Kesimpulan

Nah, kesimpulan yang bisa teman-teman ambil dari materi senam artistik ini adalah:

  1. Teman-teman tahu mengenai pengertian artistik bahwa senam ini merupakan senam yang melakukan gerakan-gerakan fenomenal dengan alat seusai dengan ketentuan para atlit.
  2. Mengerti ada lebih dari 4 macam-macam kelompok pembagian dalam senam artistik.
  3. Tahu bahwa dalam senam artistik ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tebuh.

Mungkin cukup sekian pembahasan artikel tentang materi senam artistik mulai dari pengertian, sejarah, macam-macam senam dan manfaatnya beserta contohnya yang kami bahas dengan lengkap.

Semoga artikel ini dapat membantu sobat dalam memenuhi kebutuhan tugas sekolah ataupun kliping yang berkaitan dengan senam artistik.