Pendidikan

4 min read

Pendidikan merupakan hal yang wajar di era yang telah modern seperti sekarang ini. Sudah bukanya kaya nenek moyang kita yang telah mementingkan kemerdekaan demi anak cucunya.

Sebagai anak zaman now hehe.

Sepantasnya kita belajar dengan giat untuk menghormati jasa para nenek moyang kita pada zaman dahulu.

Nah, sekarang ini adalah kisahku sebagai mana yang telah saya alami di hari kemarin sebagai seorang pelajar yang bisa dikatakan bandel sih hehe.

Tapi jangan di tiru, semoga bisa menjadi motivasi agar bisa menjadi seorang pelajar harapan bangsa kita.

SD

radiobintangtenggara.com

Memasuki sekolah dasar atau bahasa trendnya SD. Aku menginjak usia 7 tahun di SDN Sumberoto 1, yang jaraknya sangat dekat dengan my home.

Aku tidak pernah diantar oleh orang tuaku, ya gak heran sih karena jarak rumahku ke sekolah hanya 150 an meter saja. Berbeda dengan teman temanku yang sering diantar dan pulangnya pun dijemput, kaya bos aja ya hehe.

Begitulah perjuangan orang tua demi kenyamanan belajar anak kesayangan mereka.

Alhamdulillah pada waktu aku masih SD pihak sekolah telah mengikuti dana BOS (Bantuan Operasi Sekolah), jadi selama 6 tahun pembelajaranku di SD semua biaya telah terbantu oleh dana BOS.

Gays, msih ingat apa gak dengan kebiasaan sepulang sekolah. Nah ini adalah kebiasaan yang masih sangat aku ingat ketika masih SD.

Suka Main

sekolahdasar.net

Namanya juga anak kecil pikiranya main mulu hehe.

Sepulang sekolah main dan seterusnya gitu doang, kok gak ada bosenya ya.

Ya itu karena anak kecil tidak suka di kekang dan sering  megpresiasikan apa yang mereka sukai dengan bermain, betul gak.

Kebiasaanku itulah yang membuatku menjadi anak yang bandel di waktu kecil, tapi tidak seterusnya begitu loh, kaya aku sekarang kan ya enggak menurutku sendiri sih haha.

Jarang Belajar

amazonaws.com

Males malesan dan jarang belajar itu memang aku banget lah haha.

Bukan berarti jarang belajar tidak mau belajar tapi aku hanya belajar dengan mata pelajaran yang aku sukai saja.

Masih ingat dengan materi SD yang kamu sukai?

Kalo aku sih matematika.

Karena kata guruku matematika itu ilmu pasti dan harus benar. Bukan berarti pasti untukmu, haha malah nglantur.

Uang Jajan

2.bp.blogspot.com

Kira kira berapa uang sakumu di waktu SD bro?

Apakah Rp. 5.000,00 atau mungkin lebih dari nominal tersebut. Sungguh beruntungnya kamu di zaman now serang.

Uang saku yang aku bawa setiap hari hanya Rp. 100,00 terkadang juga sampai Rp. 500,00 itu pun hanya pada waktu olahraga saja. Tidak masalah berapa uang saku yang kamu pakai dan kamu habiskan sehari hari, yang terpenting sisakan sedikit buat mengisi tabungan yang kamu miliki.

Kebiasaanku menabunglah yang membuat terkadang aku jarang untuk jajan di sekolah.

SMP

brnews.id

Semenjak pengumuman kelulusan di kelas 6, aku memutuskan untuk melanjutkan ke MTsN Donomulyo (setara dengan SMP).

Orang tuaku juga setuju dengan pilihanku untuk masuk ke MTsN Donomulyo, karena lebih ungul didalam keagamaanya.

MOS

benikhlas.wordpress.com

Masa Orientasi Siswa atau biasa di sebut MOS. Pada awalnya aku merasa kalau kami peserta didik yang baru di prank begitulah bahasanya sekarang. Bagaimana tidak karena waktu itu harus mengikuti perturan yang menurutku sangat tidak masuk akal.

Bawa tas emak emak.

Pakai rege (sejenis wadah dari plastik) untuk topi biar tidak kepanasan.

Tapi asik juga sih haha.

Adaptasi Kelas

inanesia.com

Setelah masa MOS berakhir, aku ditempatkan pada kelas 7B yang bebarengan dengan adik keponakanku.

Pada awalnya sih, enak soalnya hanya perkenalan siswa siswi dan para guru pembimbing dengan mata pelajaran yang akan diajarkan oleh masing masing guru pembimbing.

Setelah berlangsung beberapa hari aku bisa terbiasa dengan situasi yang berbeda dari kebiasaan SD yang masih aku bawa. Berawal dari jam pelajaran yang sangat kondusif teratur sampai peraturan yang ada dan harus di patuhi oleh semua siswa siswi.

Perpindahan Kelas

cvwahyuputro.com

Setelah masa kenaikan kelas akhirnya aku bisa berpindah kekelas sebelah. Memang dari segi keuntungan kelas yang sedang aku duduki bukanlah kelas yang berkategori kelas unguulan.

Tetapi dalam segi kekompakan kelaskulah juaranya.

Pernah waktu itu ada perlombaan yang telah di adakan oleh pihak sekolah setelah terlaksanakanya UAS (Ujian Akhir Semeter). Perlombaan yang diadakan mulai lomba kelompok dan individu.

Dalam lomba individu kelasku kalah dengan kelas sebelah yang memang tergolong kelas unggulan. Tapi kelasku bisa menjuarai lomba futsal sebagai juara pertama melawan seluruh kelas yang ada di sekolah.

Bukan hadiah yang kita kejar malainkan proses yang kita gunakan dengan sekuat tenaga menjalin hubungan kelompok yang kuat sehingga bisa menjadi juara.

kelulusan

myunidays.com

berselang 3 tahun di MTsN Donomulyo aku dengan teman teman seperjuanganku bisa dikatakan lulus 100%, dengan nilai yang bervariasi juga sih haha.

Kenangan kelulusan yang masih aku ingat hingga sekarang dengan rasa kekeluargaan yang tinggi bersam dengan para guru yang telah membimbing kami, sehingga bisa lulus dengan baik.

SMA

Fberitakotamakassar.fajar.co.id

Masa remaja anak muda, terkadang mulai dari masa masuknya SMA (Sekolah Menengah Atas). Anak SMA dengan gaya dan perilaku yang sudah mulai tidak kekanak kanakan menjadi pola pikir untuk menata masa depanya.

Pada masa ini aku masih tetap mengikuti kehendaku untuk memilah pendidikan di MAN Sumberoto. Lembaga pendidikan yang mulai berkembang dan lebih unggul dibidang keagamaan.

Aku memilih MAN Sumberoto karena memang aku ingin tidak salah pergaulan dengan lebih memilih sekolah yang berbasis islami.

Jurusan Akademik

sevima.com

Awal masuk sekolah, aku memilih jurusan agama. Soalnya yang paling cocok dengaku waktu itu adalah jurusan itu.

Berselang selama 2 tahun pada akhirnya kelas agama yang aku duduki di bubarkan karena kuantitas yang diperlukan untuk pendaftaran UN (Ujian Nasional), belum memenuhi kriteria.

Pada waktu itu pemerintah telah mengumkan bahwasanya setiap jurusan akademik harus memiliki standart minimalnya adalah 20 murid di bibang studi tersebut.

Sehingga aku terpaksa pindah ke jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Selama 1 tahun mengejar pembelajaran yang harus aku ulangi selama 2 tahun kemarin di kelas IPS.

Organisasi

markey.id

Mulai disini juga aku belajar berorganisi mulai dari anggota OSIS dan REMAS

OSIM

OSIS atau OSIM (Organisasi Siswa Sekolah atau Madrasah). Merupakan organisasi pertama yang aku ikuti, didalam organisasi ini aku menjabat sebagai DPS (Dewan Perwakilan Siswa), selama 1 tahun.

REMAS

REMAS (Remaja Masjid) adalah organisasi yang bergerak di bidang keagamaan dalam kegiatan sekolah. Aku menjadi anggota REMAS selama 3 tahun.

Ekstra Kulikuler

http://sman1singgahan.sch.id

Setelah jam pembelajaran selesai aku juga mengikuti beberapa kegiatan selain organisasi sekolah, seperti

Seni Islami

Seni islami itu ada banyak macamnya, tapi hanya satu yang bisa membuat aku tertarik pada waktu itu.

Al banjari adalah seni islami yang melantukan sholawat nabi dengan di iringi dengan alat musik islami. Pada awalnya aku bisa mengikuti seni al banjari karena keseringan mendengarkan musik islami yang di lantunkan oleh Habib Syech Bin Abdul Qodir Asyegaff.

Beliau adalah salah satu sosok yang aku idolakan, dengan lantunan sholawat yang bisa menyejukan hati. Suaranya sangat khas dengan cengkok nada yang menggetarkan hati.

Voli

Selain seni islami, berolahraga juga menjadi salah satu hal yang meyenangkan buatku. Ya betul bermain voli.

Tidak semua orang bisa bermain permainan yang satu ini karena menyelaraskan permainan dengan memainkan kekompakan tim yang sangat wow bagiku.

Dalam sekolahku juga memang sering mengadakan lomba voli setingkat SMP dan mengundang sekolah sekolah yang ada di Malang dan Blitar. Bisa dikatakan sekolahku juga memang unggul didalam olahraga voli.

Lulus

pixabay.com

Berlangsung 3 tahun aku di MAN Sumberoto, dan melalui proses yang bisa dikatakan sedih maupun senang bersama sama aku lalui bersama teman teman seperjuanganku.

Atas ridha Tuhan, alhamdullah kami semua lulus dengan 100%.

Kelulusan kami di laksanakan dengan acara wisuda yang sangat meriah dan sangat berkesan. Masih tetap di selenggarakan di sekolah dengan pertunjukan pertunjukan dari adik kelas yang luar biasa.

Mungkin itu singkat cerita itu yang dapat aku ceritakan. Semoga kalian bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya, dan jangan bermalas malasan dalam mencari ilmu. Karena ilmi itu di cari bukan kita yang mencarinya.

 

Sekian.