Senam

4 min read

Jenis-Jenis Senam

Ada banyak sekali macam-macam olahraga, terutama pada senam yang terus berkembang pesat. Karena olahraga ini juga bisa meningkatkan tingkat kebugaran jasmani apabila rutin dilakukan.

Nah dalam artikel sebelumnya resaja telah membahas mengenai permainan bola besar. Kini kami akan membahas mengenai cabang senam mulai dari pengertian, manfaat dan macam-macam secara lengkap.

Simak yuk pembahasan dibawah ini.

Pengertian Senam

apa yang dimaksud dengan senam
Pengertian Senam

Apa yang dimaksud dengan senam?

Pengertian senam adalah suatu cabang olahraga yang dapat dialakukan dengan beberapa gerakan yang membutuhkan antara kecocokan gerakan, kekuatan serta keselarasan gerakan fisik, itulah definisi dari pengertian senam.

Nama lain dari senam adalah gymnastics yang juga termasuk ke dalam salah satu cabang olahraga senam yang memiliki tujuan dan sejuta manfaat untuk tubuh.

Dari berbagai gerakan tersebut dapat disimpulkan bahwa tujuan senam adalah membantu dalam meningkatkan berbagai banyak hal seperti:

  • Menigkatkan kebugaran jasmani
  • Mengembangkan keterampilan
  • Menambah nilai mental spiritual kepada masing-maing indivdu.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Adapun pengertian senam menurut para ahli, berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Agar bisa memahai mengenai apa definisi senam, supaya lebih luas Anda bisa merujuk ke beberapa pendapat para ahli menganai pengertian senam menurut mereka.

Berikut ini pengertian senam menurut para ahli.

Mahendra

Menurut Mahendra pengertian senam adalah kegoatan uatama yang paling banyak memiliki manfaat dalam pengembangan berupa komponen fisik dan gerakan (motorability).

Peter H. Werner

Menurut Peter H. Werner (dalam Muhajir), definisi mengenai senam adalah latihan tubuh yag dilakukan di atas permukaan lantai atau alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan antara lain tubuh, kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi serta kontrol diri.

Margono

Pengertian senam menurut Margono adalah latihan tubuh gerak yang terpilih dan diciptakan sesuai dengan susunan secara sistematis dengan tujuan untuk membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.

Madijono

Definisi senam menurut Madijono adalah suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terenacana dengan melakukan gerakan tertentu yang sifatnya spesifik untuk mendapat manfaat bagi tubuh.

Sutrisno dan Khafadi

Bentuk latihan fisik yang tersusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan tertentu dan terencana untuk bisa mancapai tujuan tertentu itulah arti senam menurut Sutrisno dan Khafadi.

Itulah pengertian senam menurut para ahli.

Macam-macam senam

mengenai 6 macam-macam senam

Setelah mengerti dengan apa definisi mengenai senam, selanjutnya kami akan membahas mengenai 6 macam-macam senam. Dilansir dari situs FIG (Federation Internatinale de Gymnastique), senam terbagi menjadi beberapa kelompak yaitu

  1. Senam Artistik
  2. Senam Ritmik
  3. Senam Akrobatik
  4. Senam Aerobik
  5. Senam Trampoline
  6. Senam Umum

Berikut ini penjelasan mengenai macam-macam senam tersebut.

Senam Artistik

Asal muasal dari senam artistik ini hadir bukan untuk dipertandingkan

Senam artistik adalah salah satu cabang dari  senam yang populer dalam ajang olimpiade. tujuan dalam senam artistik ini sebenarnya hanya untuk meningkatkan kebugaran jasmani saja.

Asal muasal dari senam artistik ini hadir bukan untuk dipertandingkan seperti nomor-nomor pada senam yang lain.

Dalam gerakan senam artistik ini sendiri sebenarnya merupakan kombinasi gerakan antara senam aerobik dan tumbling yang menghasilkan gerakan lebih indah, atau gerakan senam artistik yang indah dengan menggunakan alat.

Beberapa contoh dari cabang senam artistik adalah:

  • Kuda pelana (pommel horse)
  • Kuda lompat (vaulting horse)
  • Senam lantai (floor exercise)
  • Gelang-gelang (rings)
  • Palang tunggal (horinzontal bars)
  • Palang bertingkat (uneven bars)
  • Palang sejajar (parallel bars)

Senam Akrobatik

Gerakan yang terbilang gerakan ekstrim ini membutuhkan kelenturan serta keseimbangan gerakan dari pesenam

Jenis senam selanjutnya adalah senam akrobatik.

Senam akrobatik adalah jenis senam yang gerakannya mengandung unsur akrobatik. Seperti gerakan salto serta mendarat di pundak pesenam yang lain.

Gerakan yang terbilang gerakan ekstrim ini membutuhkan kelenturan serta keseimbangan gerakan dari pesenam. Dalam melakukan akrobat, senam ini harus dipandu dengan isntruktur yang handal dam juga sudah profesional didalam bidangnya.

karena senam akrobatik ini biasanya dilombakan dalam ajang kompetisi olahraga atau bisa juga ditemukan pada seni beladiri.

Senam Aerobik

Diantara dalah satu senam aerobik yang diperlombakan yaitu senam aerobic sport.

Senam aerobik adalah salah satu dari cabang olahraga senam, dimana olharaga ini memadukan antara gerakan yang terbilang aktif, kreatif, energik dengan menggunakan musik irama yang lumayan cepat.

Diantara dalah satu senam aerobik yang diperlombakan yaitu senam aerobic sport.

Dalam senam ini mengandung unsur, diantaranya:

  • Aerobik
  • Akrobatik
  • Senam ritmik
  • Koreografi
  • Musik

Senam aerobic sport adalah pengembangan dari senam aerobik dengan tarian khususyang dikolaborasi dengan gerakan yang terbilan cukup sulit.

Senam Ritmik

Senam ritmik atau biasa disebut juga dengan senam irama.

Senam ritmik atau biasa disebut juga dengan senam irama.

Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan mengguanakan gerakan bebas yang diiringi dengan alunan musik atau irama.

Pengemabngan dari senam ritmik yang kemudian muncul dengan senam ritmik sportif.

Senam ritmik sportif adalah senam irama yang diiringi dengan musik tertentu dan setiap gerakan tubuh sesuai dengan irama musik yang indah.

Dalam melakukan senam ritmik atau senam irama ini bisa dilakakan dengan menggunakan alat, bisa juga dilakukan tanpa alat.

Namun dalam segi keindahan dalam senam irama ini lebih indah dengan menggunakan alat yang sesuai dengan ketentuan, seperti:

  • Holahop
  • Tongkat
  • Tali
  • Bola
  • Gada

Itulah alat yang dipergunakan dalam melakukan senam irama dalam sebuah pentas atau pertunjukan.

Senam Trampoline

Dalam melakukannya sorang atlet senam rampolin akan melompat yang tinggi, lompatan yang dilakukan bisa mencapai 10 meter.

Senam trampolin merupakan sebuah cabang olahraga senam dengan gerakan yang dilakukan di atas trampolin. Pengertian dari senam trampolin adalah senam yang dilakukan di atas trampolin dengan melakukan berbagai gerakan tertentu.

Dalam melakukannya sorang atlet senam rampolin akan melompat yang tinggi, lompatan yang dilakukan bisa mencapai 10 meter.

Olahraga senam ini baru dipertandingkan pada kompetisi yang diperlombakan di ajan olimpiade di tahun 2000. jadi senam trampolin masih menjadi hal yang baru dalam kejuaraan senam.

Senam Umum

Senam umum adalah senam yang umum dilakukan oleh masyarakat dimana gerakan lebih mudah dalam segi penerapannya

Senam umum adalah senam yang umum dilakukan oleh masyarakat dimana gerakan lebih mudah dalam segi penerapannya. Senam umum ini menggunakan musik tertentu dan gerakan yang disesuaikan dengan irama musik.

Diantara contoh senam umum ini adalah:

  • Senam pramuka
  • Senam SKJ
  • Senam sehat
  • Senam jantung

Manfaat Senam Untuk Kesehatan

Dalam melakukan kegiatan senam, ada banyak sekali manfaat yang akan Sobat rasakan, mulai dari kesahatan jasmani dan rohani.

 

Dalam melakukan kegiatan senam, ada banyak sekali manfaat yang akan Sobat rasakan, mulai dari kesahatan jasmani dan rohani.

Melakukan olahraga dengan teratur bisa bermanfaat bagi tubuh. Diantara manfaat yang didapat dari melakukan kegiatan senam di pagi hari adalah:

Menghambat Proses Penuaan

Jarang orang yang tahu bahwa salah satu manfaat senam di waktu pagi hari bisa menghambat proses penuan pada manusia. Dengan melakukan gerakan senam, sistem peredaran darah akan berjalan dengan lancar.

Meningkatkan Kebugaran Fisik

Dengan melakukan gerakan senam yang dinamis dan ritmis, secara tidak langsung telah memompa produksi hormon adrenalin.

Hormon adrenalin atau yang disebut dengan apinefrin, merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar andrenal dan otak. Tubuh akanmelepaskan hromin ini ketiak stress, tertekan, takut, senang atau ketika dalam keadaan yang meneganggkan.

Selain itu, otot dalam tubuh yang terus bekerja saat melakukan gerakan senam akan menurunkan resiko terkena cidera otot dan sendi.

Menyeimbangkan Osteoblas dan Osteoclast

Banyak ahli berpendapat bahwa senam pagi dapat menyeimbangkan jumlah osteoblas dan osteoclas.

Hasil dari penelitian tersebut, yaitu pembentukan tulang dalam tubuh akan berjalan dengan semestinya dan maksimal sehingga dapat menghindari dari resiko terkena osteoporosisi serta penyakit tulang lain.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Sobat in yang ingin menurunkan berat badan, melakuka kegiatan senam bisa menjadi rujukan alternatif yang patutu dicoba.

Pilihlah jenis senam yang banyak melibatkan gerakan aktif dan cepat, seperti pada senam aerobik. Dalam gerakan yang dilakukan dalam senam aerobik bisa membuat badan lebih aktif dalam bergerak dan bisa membakar kalori.

Menciptakan Rasa Bahagia

Seperti olahraga lain, senam juga bisa merangsang otak dalam melepaskan hormon endorphin. Hormon ini dikenal banyak pihak sebagai hormon yang berfungsi untuk memperbaiki mood, meningkatkan imun serta mengurangi stres.

Itulah 5 manfaat dari senam untuk kesehatan.

Demikian pembhasan artikel mengenai macam-macam olahraga senam. Smeoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Sobat dalam menambah wawasan dan akademis.