√10+ Macam-macam Olahraga Air atau Akuatik yang Wajib Anda Ketahui

4 min read

macam-macam olahraga akuatik

Dari sekian banyaknya olahraga manakah olahraga yang Sobat sukai dari olahraga yang berkaitan dengan air atau olahraga yang bersifat umum.

Seperti yang telah resaja bahas dalam artikel sebelumnya mengenai permainan bola besar dan permainan bola kecil.

Kegiatan olahraga memang tidak bisa terlepas oleh kegaitan manusia pada zaman now.

Tapi tahukah Sobat ini, bahwa permainan olahraga tidak hanya bisa dilakukan di atas lapangan saja, namun bisa juga dilakukan di air maupun olahraga yang cukup ekstrim di udara.

Nah, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai 10 macam-macam olahraga air yang bisa sobat pelajari.

Langsung yuk, saja ke permbahasan pertama dari 10 jenis olahraga air di bawah ini.

Macam-macam Olahraga Air

Renang

Renang merupakan salah satu olahraga, yang termasuk ke dalam salah satu olahraga akuatik

Renang merupakan salah satu olahraga, yang termasuk ke dalam salah satu olahraga akuatik yang sering di perlombakan.

Ketenaran dari olahraga berenang sendiri, selain menjadi olahraga yang diperlombakan dalam kompetisi, renang menjadi salah satu olahraga yang memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh, apalagi untuk anak usia dini dan bayi.

Diantara dalam melatih pernafasan, dan mereflesikan seluruh sendi dalam tubuh.

Dalam berenang kita menggunakan lengan dan kaki untuk menggerakan tubuh di dalam air. Berenang pun bisa kita lakukan di kolam dalam ruangan ataupun di tempat pemandian alam seperti sumber, danau, sungai dan laut.

Karena saking terkenalnya dari sejarah pertama munculnya, teruslah muncul gaya-gaya dalam berenang yang sering bisa Sobat pelajari. Namun sebelumnya berlatih gaya dalam berenang alangkah baiknya untuk berlatih teknik dasarnya dahulu.

Renang Indah

renang indah

Renang indah atau dalam bahasa Inggris sering kita kenal dengan nama synchronize swimming yang juga termasuk ke dalam salah satu cabang olahraga akuatik.

Renang indah ini juga cukup di kenal di dunia olahraga air.

Olahraga ini memiliki daya tarik dengan keunikan gerakan senam, tari-tarian dan renang yang di jadikan satu komponen dalam cabang renang indah.

Renang indah ini juga seringkali di perlombakan dalam ajang olimpiade renang indah dengan kategori tunggal, duat, trio dan beregu.

Polo Air

Polo air termasuk kategori olahraga air

Polo air termasuk kategori olahraga air yang sudah diselenggarakan dalam sebuah Pentas Olahraga Nasional, yang pertama kali pada tahun 1948 di kota Solo.

Olaharaga polo air juga memadukan jenis olahraga lain, yaitu:

Walau demikian masih banyak orang yang belum menganal dengan permainan polo air.

Permainan polo air terdiri atas 6 pemain dalam satu regu dan ditambah 1 penjaga gawang.

Dilihat dari segi peraturan, polo air hampir mirip dengan permainan sepak bola dimana masing-masing regu memiliki seorang penjaga gawang atau yang disebut dengan kiper.

Tugas kiper dalam polo air juga menjaga gawang supaya tidak kemasukan angka.

Para pemain lain memiliki tugas dalam mencetak angka ke gawang lawan.

Permainan polo air menjadi menantang karena olahraga ini dilakukan di dalam air

Arum Jeram (Rafting)

Arum Jeram (Rafting)

Bagi sobat yang menyukai olahraga alam, olahraga ini sangat menajdi rekomendai yang mantab pastinya.

Arum jeram.

Olahraga ekstrim dan menantang ini menjadi olahraga yang sangat cocok untuk Sobat yang suka dengan uji nyali atau adrenalin.

Rafting sebutan lain dari arum jeram, olahraga ini dilakukan dengan mengarungi sungai yang sangat menantang dengan memakai boat karet lengkap dengan dayungnya.

Dalam satu boat arum jeram bisa diisi dengan 4 orang dengan satu pemandu.

Saran untuk Anda ketika akan melakukan olahraga ini yairu untuk selalu waspada dan dalam keadaan sehat prima sebelum naik ke boat.

Arum jeram juga termasuk olahraga yang sulit kita temukan, karena permainan ini memang memanfaatkan lokasi alam, seperti sungai dengan arus air yang cukup deras.

Loncat Indah

Loncat indah merupakan olahraga akuatik

Loncat indah merupakan olahraga akuatik yang memaduka antara gerakan melompat di udara, gerakan akrobatik dan gerakan untuk meloncat ke dalam air atau kolam renang.

Dalam melakukan loncat indah dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang tidak asal. Dimulai dari gerakan persiapan, melakukan take off pada papan pantulan yang kemudian meloncat ke dalam air.

Loncat indah memiliki 5 nomor kategori pantulan, antara lain:

  1. Papan 1 meter
  2. Papan 3 meter
  3. Sinkronisasi 3 meter
  4. Sinkronisasi 10 meter
  5. Menara 10 meter

Dan untuk gaya dalam melakukan loncat indah ini terdapat 6 macam- macam gaya, yaitu:

  • Forward dive
  • Backward dive
  • Reverse dive
  • Inward dive
  • Twist dive
  • Armstand dive
Baca juga : Kebugaran jasmani

Snorkeling

Tujuan dalam snorkeling ini adalah

Snorkeling termsuk kedalam olahraga menyelam yang syarat utamanya Sobat harus bisa berenang sebelum melakukan olahraga air ini.

Tujuan dalam snorkeling ini adalah memperlihatkan keindahan keadaan alam yang ada di dasar air terutama laut, karena snorkeling ini sering sekali dilakukan di laut untuk menikmati keindahan terumbu karang dan satwa-satwa air.

Peralatan yang diperlukan sebelum memulai untuk snorkeling antara lain:

  1. Snorkel
  2. Masket
  3. Kaki katak

Flyboard

Flyboad itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa pemainan air

Flyboard merupakan salah satu dari olahraga air yang belakangan ini menjadi sorotan publik. Memang olahraga ini cukup nge-trend terutama dikalangan anak muda.

Flyboard pertama kali dikenalkan oleh Franky Zapata, seorang mantan atlet jet sky profesional yang berasal dari Perancis.

Flyboad itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa pemainan air seperti jet ski, ski air, snowboard dan acrobatic dive.

Papan yang digunakan untuk melakukan flyboard terhubung dengan pipa yang memiliki panjang 18 meter ke PWC / Personal Water Craf dan nozzle yang berada di bawah permukaan kaki, dan bisa menerbangkan sampai batas maksimal 15 meter.

Namun untuk bisa bermain permainan ini Sobat harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk menyewa alat ini, Selain harga Sobat juga harus memiliki mental yang kuat.

Menyelam Skuba (Scuba Diving)

Menyelam Skuba (Scuba Diving)

Selam skuba tentunya tidak se-ekstrim dengan selam bebas, dimana selam bebas tidak menggunakan alat bantu alias tangan kosong.

Untuk melakukan selam skuba Sobat bisa memakai peralatan seperti:

  1. Tabung oksigen
  2. Tangki
  3. Regulator
  4. Penambah berat badan
  5. Pakai untuk meyelam
  6. kaki katak

Dilihat dari kelengkapannya saja, sudah memiliki gambaran bahwa tujuan dalam melakukan selam skuba ini untuk menikmati keindahan dunia dasar di dalam air.

Selam skuba termasuk kedalam salah satu olehraga renang walaupun dilakukan oleh Sobat yang masih pemula.

Namun Sobat juga perlu hati-hati dalam melakukannya, untuk selalu berfikitr positif serta tenang. Dan menikmati alam ciptaan Tuhun.

Selam Bebas

Selam Bebas

Selam bebas juga termasuk kedalam olahraga air yang cukup ekstrim dalam melakukannya. Karena selam bebas dilakukan tanpa ada alat bantu dan mencoba untuk turun ke dasar air hingga batas kemampuannya.

Rekor tertinggi dalam selam bebas di pegang oleh Loic Leferme yang berasal dari Perancis, Beliau mampu menyelam hingga kedalaman 171 meter pada 30 Oktober 2004 silam.

Kano

Kano

Kano merupakan salah satu jenis olahraga air akuatik yang termasuk kedalam olahraga dayung.

Kano sebenarnya diambil dari nama jenis perahu yang memiliki ukuran kecil dan sempit, digerakan dengan tenaga tangan manusia dengan cara mengayuh.

Olahraga ini juga mirip dengan kayak, namun yang membedakan juga pada perahu yang digunakannya. Dimana kayak menggunakan perahu di bagian atsnya tertutup, namun pada kano bagian atasnya malah terbuka dengan ujung depan dan belaknag berbentuk lancip.

Olahraga kano dibagi menajdi beberapa macam, yaitu:

  1. Sprint
  2. Slalom
  3. Polo

Kayak

kayak

Sama seperti kano, kayak ini juga tergolong dalam jenis olahraga air akuatik.

Media yang digunkan dalam kayak adalah kayak itu sendiri, perahu kecil dengan bagian dek-nya tertutup. Olahraga kayak mengharuskan pendayungnya harus dengan meluruskan kaki ke depan.

Pada umunya, kayak dilakukan di lokasi seperti sungai, danau dan laut. Olahraga ini membutuhkan strategi yang cepat, keseimbangan dan ketangguhan yang baik yang harus dimiliki.

Ski Air

ski air

Ski air merupakan olahraga air yang juga bisa dikatakan dengan olahraga yang ekstrim, karena menggunakan papan yang kemudian ditarik dengan perahu.

Untuk para pemula dan belum bisa menjaga keseimbangan untuk meluncur di atas papan. Maka untuk tahap latihan biasanya akan menggunakan tubing untuk melatij keseimbangan.

Selancar / Surfing

Surfing

Selancar atau bahasa trend-nya adalah surfing.

Surfing termsuk ke dalam olahraga air yang pastinya tidak akan pernah membuat Sobat bosan ketika melakukannya. Surfing dilakukan dengan sebuah papan selancar dengan menanti ombak yang akan datang untuk menari di atas papan dengan dorongan ombak.

Tentunya memberikan sensai tersendiri dan pengalaman tersendiri untuk para peselancar ini.

Di Indonesia sendiri spot yang paling cocok untuk melakukan surfing sekaligus berlibur adalah:

  • Pantai Sorake
  • Pantai Lagundri

Kedua spot surfing ini sangat terkenal oleh para surfer di mancanegara dengan sebutan The Point dan Indicator. Ketinggian ombak yang pernah mencapai titik 15 kaki.


Bonus

Memancing

memancing

Memancing merupakan olahraga air yang tidak harus dilakukan dengan terjun ke dalam air. Namun cukup dengan menggunakan peralatan pancing yang lengkap beserta umpannya.

Memancing ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satu dari kesehatan delam melakukan kegiatan ini adalah mengurangi rasa stres karena beban yang banyak serta rasa bosan karena kurangnya hiburan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.


Mungkin cukup sekian dalam artikel macam-macam olahraga yang bisa dilakukan di media air oleh resaja. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat dalam menyelesaikan tugas dan menambah wawasan yang bermanfaat.