Jurus Pencak Silat

4 min read

Pengertian Pencak Silat

Jurus pencak silat – Pencak silat merupakan salah satu budaya yang ada di tanah Nusantara sejak zaman nenek moyang. Sejarah mengatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia telah mempelajarinya sebagai perlindungan diri dan kebutuhan lainnya

Dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, pencak silat sudah menyebar luas ke belahan Dunia. Dan terciptannya beberapa organisasi yang mengatur pencak silat sebagai induk dari cabang olahraga ini.

Dalam artikel sebelumnya kami membahas mengenai sejarah pencak silat, pada pembahsan ini kami akan membahas mengenai macam-macam jurus yang ada dalam olahraga pencak silat.

Simak yuk, macam-macam jurus pencak silat.

Pengertian Pencak Silat

rangkuman pencak silat
semarak.co

Semua pasti sudah faham kan dengan apa yang dimaksud dengan pencak silat?

Pencak silat merupakan suatu seni beladiri yang sudah di tanah Nusantara dan telah menyebar luas ke beberapa wilayah Asia Tenggara.

Namun tahukah anda mengenai jurus-jurus yang terkandung didalam pencak silat.

Sebelum jauh masuk kedalam pembahasan mengenai jurus yang akan dikuasai pesilat.

Pengertian jurus pencak silat itu sendiri ialah sejumlah rangkain gerakan dasar untuk tubuh bagian atas dan bagian bawah, yang digunakan sebagai panduan dalam menguasai teknik-teknik dasar pencak silat.

Penggunaan teknik dasar dalam pencak silat, bisa dilakukan pada saat berlatih tunggal atau berpasangan.

Berikut ini penjelasan mengenai jurus dalam pencak silat.

Jurus Pencak Silat

pengertian pencak silat dan teknik dasarnya
akamaized.net

Dalam pembahasan tentang macam-macam jurus pencak silat yang akan kami bahas.

Ketangguhan para pemain pencak silat memang sudah tidak diragukan lagi, ketika dalam sebuah pertandingan. Namun banyaknya jurus dan ilmu membuat seni beladiri terus mengalami perkembangan.

Namun nyatanya ada bebrapa jurus yang harus harus dikuasai oleh pesilat karena merupakan teknik yang mematikan serta berbahaya.

Apa saja macam-macam jurus pencak silat.

Nama Jurus Pencak Silat

unsur unsur serangan dalam pencak silat
statik.tempo.co

Berikut ini merupkan beberapa nama jurus pencak silat berserta gerkan dalam melakukannya.

Dalam pembahsan mengenai materi jurus dalam permainan pencak silat. Ada 4 macam macam jurus yang harus dikuasai oleh pesilat supaya bisa menjadi pemain yang profesional.


  • Pamur

Pamur merupakan nama jurs pencak silat yang berasal dari tanah pulau Madura. Masyarakat di Madura dikenal dengan keahliannya dalam pencak silat.

Jurus pamur pada pencak silat orang Madura memiliki kelebihan yang terletak pada teknik kuda-kuda yang kokoh dan kuat. Selain itu kecepatan yang dimiliki oleh pemain ini juga sangat hebat.

  • Pulo Kali

Pulo kali merupakan jurus yang paling mematikan, jurus ini termasuk kedalam salah satu 24 jurus yang mematikan karena bisa mematahkan leher, sehingga sangat dihindari bila hendak melakukan teknik ini.

Berbeda dengan pemakain teknik pukulan yang lainya, karena memakai kepalan tangan. Nmun pada pulo kali cara pemakain dengan menggunakan telapak tangan.

Jurus ini tidak diajarkan kepada beberapa orang. Pernah ada percobaah dari 40 orang yang mempelajartinnya, namun hannya 3 pesilat saja yang mampu lulus.

  • Brajamusti

Walaupun teknik jurus brajamusti tidak terdengar sebagai teknik yang mematikan seperti ilmu pulo kali. Namun jurus brajamusti tidak semena-mena di ajarkan kebeberapa pesilat.

Pernah ada anggapan bahwa jurus ini bersifat trunan atau melalui garis keturunan.

Namun dalam jurus brajamusti yang paling terkenal adalah kemampuan dalam telapak tangan yang juga mematikan. Hanya dengan tamparan, lawan bisa mati. Ilmu ini mash bisa ditemui oleh masyarakat penduduk jawa.

  • Kuntao

Jurus yang satu ini merupakan jurus yang paling popoler bagi pesilat. Saking populernya, penyebaran bisa dengan mudah dan cepat, bisa dibilang teknik ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Penyebaran selain di Indonesia, juga sudah menyebar luias kebeberapa wilayah Malaysia, Singapura dan Asia Tenggra lainnya.

Salah satu dari kelebihan teknik ini dalam pencak silat adalah tentang ilmu pedang dan trisula sebagai senjara atau alat bantu.

Konon katanya, pesilat yang berhasil menguasai jurus kuntao ini, bisa melakukan bebrapa gerakan di atas pemukaan pecahan kacatanpa terluka.


Seperti yang sudah kita ketahui ada beberapa jenis nama dalam jurus yang bisa digunkan dalam pertandingan pencak silat.

Tujuan Pencak Silat

tujuan mengikuti pencak silat
okezone.com

Dengan adannya jurus ini ada beberapa tujuan yang memang sangat berguna, mulai dari setiap gerakannya dan yang lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa pencak silat merupakan seni beladiri yang memiliki tujuan dengan beberapa aspek yang terkandung didalamnya.

Tujuan utama mempelajari pencak silat adalah untuk mempertahanan diri dan kesehatan tubuh.

Aspek yang pertama karena pesilat memang memiliki tujuan mempertahankan dirinya dan yang kedua sekedar hobi karena ketertarikan akan berbagai macam jurusnya dan ada juga karena  olahraga.

Atau malah gabungan antara keduannya yaitu pertahanan sekaligus olahraga..

Ada banyak hal yang bersangkutan dengan pencak silat, namun bagi pesilat pernahkan Anda penasaran dengan apa sih, tujuan utama dalam pencak silat itu sendiri.

Nah untuk penambahan dalam artikel ini kami menambahkan sedikit materi mengenai tujuan dari olahraga pencak silat untuk saling menambah pengetahuan.

Langsung saja untuk pembahasan tentang tujuan pencak silat:

  1. Mengembangkan pendidikan mental dan spiritual.
  2. Mengembangkan aspek beladiri.
  3. Membantu dalam mengambangkan seni.
  4. Pengembangan pendidikan beladiri.
  5. Wadah penyaluran hobi beladiri.
  6. Membentuk jiwa ksatria.

1. Mengembangkan Pendidikan Mental dan Spiritual

Tujuan dari belajar ilmu pencak silat adalah mengemabngkan mental dalam ilmu bela diri sekaligus.

Pencak silat memperkenalkan kepada pesilat untuk selalu memiliki sikap yang percaya diri bahwa ia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang Maha Esa.

Karena itulah pencak silat bukan hanya seni beladiri. Namun dengan seni beladiri menjadi  upaya dalam mengembangkan watak dan karakter yang budi luhur, memiliki jiwa yang ksatria, menambah kepercayaan diri dan lainya.

2. Mengembangkan Aspek Beladiri

Mengenai pengembangan aspek dalam beladiri, ada beberapa aspek yang dapat diperoleh oleh pesilat:

  1. Membantu dalam efektifitasi dalam keterampilan diri terutama pada keselamatan diri sendiri.
  2. Membantu dalam meningkatkan sikap yang cermat dan cepat tanggap.
  3. Membantu dalam meningkatkan keuletan dan juga ketangguhan dalam masa pengemabngan kemampuan diri sendiri.

3. Membantu Dalam Mengambangkan Seni

Sebagai ilmu beladir pencak silat juga memiliki tujuan dalam mengembangkan seni gerakan beladiri.

Dalam mengembangkan seni beladiri, memperlajari seni pencak silat atas kemauan sendiri juga termasuk melestarikan budaya daerah.

Dengan kata lain seni beladiri ini bisa membantu dalam proses pengembangan keterampilan dalam ruang lingkup gerakan serasi, unik serta menarik.

Tujuan bela diri pencak silat sebagai pengembangan seni adalah:

  1. Mencegah dan mengatasi budaya asing yang bisa mempengaruhi atau memiliki nilai moral yang negatif, sehingga kecintaan terhadap budaya lokal bisa mempertahankan nilai positif bangsa dan negara.
  2. Mengembangkan nilai-nilai seni positif yang ada pada pencak silat.
  3. Mengembangkan nilai yang berbudi luhur sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

4. Pengembangan Pendidikan Beladiri

Tujuan dari belajar beladiri adalah pertahanan.

Namun tiidak banyak juga orang yang tahu bahwa salah satu tujuan dalam pencak silat sebagai ilmu pendidikan, berikut ini tujuan pencak silat dalam segi pendidikan:

  1. Membantu dalam meningkatkan pengetahuan yang mendalam.
  2. Memabantu untuk memiliki sikap yang lebih efektif dan posistif dalam penyesuaian di lingkungan sekitar.
  3. Membantu dalam fungsi organ tubuh masnusia dalam gerakan yang mempengaruhi kinerja otot pada setiap gerakan-gerakan pencak silat.

5. Wadah Penyaluran Hobi Beladiri

Tujuan pencak silat selain dalam pertahanan diri juga sebagai wadah penyaliran hobi. Hal ini bisa terjadi karena setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda sesuai dengan kehendak hati nuraninya.

Karena itulah seni beladiri bisa menjadi wadah dalam penyaluran hobi bagi pecinta pencak silat. Wadah penyaluran ini yang nantinya bisa membangun sebuah komunitas yang sama-sama satu hobi.

6. Membentuk Jiwa Ksatria

Tujuan pencak silat untuk memelihara dan mengembangkan seni budaya bangsa sekaligus dalam pembentukan rasa jiwa ksatria.

Pencak silat juga akan membantu dalam pembentukan karakter yang bertujuan untuk meningkatkan mental seseorang.

Tujuannya untuk menumbuhkan rasajiwa ksatrianya.

Orang yang faham akan tujuan dalam pencak silat tidak akan menggunkan dalam nilai positif, jadi jiwa ksatria sesorang mudah untuk bangkit dan dikembangkan. Dengan sikap yang rendah hati, suka menolong sesama serta tidak suka untuk menunjukan kemampuan yang dimiliki.

Baca juga : Teknik dasar renang.

Itulah pembahasan yang dapat resaja sampaikan tentang macam-macam jurus pencak silat.

Semoga artikel tentang jurus dan tujuan pencak silat ini bisa membantu Anda dalam membangun jiwa ksatria serta rasa kepedulian yang besar kepada orang yang ada di sekitar kita.