Macam-macam Gerhana Matahari

6 min read

gerhana matahari

Dalam penjelasan tentang macam-macam gerhana matahari terdapat beberapa macam gerhana matahari yang terjadi setiap tahunnya.

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan yang terletak diantara bumi dan matahari sehingga akan terlihat tertutup sebagian atau seluruh cahaya matahari yang ada dilangit.

Dalam peristiwa gerhana bulan yang kami bahas dalam artikel sebelumnya gerhana matahari juga merupakan salah satu fenomena astronomi yang jarang untuk terjadi.

Berdasarkan cara tertutupnya matahari terdapat empat jenis gerhana matahari: gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari campuran atau hibrida.

Dalam penjelasan gerhana matahari kali ini, kami akan merangkum macam-macam gerhana matahari beserta penjelasannya yang terjadi di bumi.

Simak yuk, penjelasan tentang gerhana matahari dibawah ini.

Pengertian Gerhana Matahari

gambar gerhana matahari
yogimehtab.com

Sebelum masuk ke jauh ke dalam pebahasan perlu teman-teman ketahui dengan yang dimaksud dengan apa arti gerhana?

Gerhana adalah peristiwa yang terjadi di luar angkasa di mana dalam sebuah topik atau obyek yang tertutup sebagian atau secara menyeluruh oleh obyek lain yang sedang melintas di depannya.

Mari kita lanjutkan oke.

Apa itu gerhana matahari?

Gerhana matahari adalah salah satu peristiwa gerhana yang terjadi ketika orbit bulan yang berada tepat dianatara bumi dan matahari, maka matahari akan tertutupi oleh bulan sehingga bayangan bulan sampai ke bumi.

Permukaan bumi yang tertup oleh bayang-bayang bulan yang akan mengalami gerhana matahari.

Dengan kata lain, arti gerhana matahari merupakan kejadian dimana matahari yang tertutupi bulan kerana pada waktu itu posisi gerhana matahari, berada pada satu garis lurus dengan bulan dan bumi.

Ketika fenomena ini terjadi kondisi bumi akan menjadi gelap kerana bayang-bayang dari bulan yang menutup cahaya matahari. Jadi walapun pada waktu itu bumi berada pada waktu siang hari maka tidak memungkiri akan terjadi malam sementara waktu tanpa ada sinar matahari.

Oleh sebab ini, kenapa ketika terjadi peristiwa gerhana matahari banyak sekali observasi yang dilakukan, tidak hanya observasi melainkan juga ketika fenomena langka ini terjadi banyak masyarakat yang juga ingin ikut menyaksikan proses terjadinya gerhana matahari secara langsung.

Biasannya masyarakat yang ingin menonton juga menunggu hingga berjam-jam lamanya.

Hingga banya sekali pendatang dalam satu wilayah atau wilayah lain yang sampai orang asing ingin meyaksikan gerhana matahari dalam satu tempat (yang akan terjadi dalam satu pusat gerhana).

Ketika akan melihat fenomena yang langka dan menakjubkan ini, mungkin teman-teman sempat bertanya-tanya bagaimana proses terjadinya gerhana matahari.

Berikut ini adalah penjelasan tentang proses terjadinya gerhana matahari.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

proses gerhana matahari
i.pinimg.com

Bagaimana proses terjadinya gerhana matahari?

Gerhana matahari terjadi apabila posisi bulan, matahari dan bumi berada pada satu garis yang lurus.

Gerhana matahari terjadi kerana tertutupnya sinar matahari oleh bulan yang pada akhirnya akan membuat bumi tidak mendapat sinar matahari dalam beberapa waktu.

Sinar matahari yang tidak dapat menerobos bulan secara keseluruhan atau hanya sebagiannya saja. Sebenarnya proese terjadinya gerhana matahari bisa disimpulkan dengan bayangan bulan yang sampai ke bumi di beberpa wilayah di permukaan bumi.

Jadi ketika terjadi gerhana matahari hanya akan terjadi pada lokasi tertentu saja.

Dalam observasi gerhana matahari, proses ini dapat terjadi kerena posisi bulan yaitu ada jarak rata-rata 384.400 km dari permukaan bumi dan jarak tersebut lebih dekap apabila dibandingkan dengan jarak matahari ke bumi yang rata-rata jaraknya adalah 149.680.000 km.

Proses kejadian gerhana matahari terjadi dalam beberapa tahapan, namun sebelumnya perlu diketahui posisi bumi, bulan dan matahari yang berada pada garis lurus yang terjadi akibat dari rotasi dan revolusi bumi yang menglilingi matahari beserta bulan yang merupakan satelit alami bumi sekaligus bergerak dalam mengelilingi bumi setiap harinya.

Berdasarkan dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan mengenai proses terjadinya gerhana matahari dengan lebih jelas.

Perhatikan dan amati, berikut ini adalah tahapan-tahapan dalam proses terjadinya gerhana matahari:

  1. Pada detik-detik awalnya belum terjadi fenomena alam apapun, biasannya teman-teman akan melihat jika langit biru yang cerah mejadi sedikit redup seperti secara perlahan mulai kehilangan cahayannya, itulah kode-kode alam gerhana matahari.
  2. Proses selanjutnya ketika gerhana matahari akan mulai, akan nampak bayangan hitam yang secara perlahan-lahan menuju ke matahari. Bayangan hitam ini tidak lain adalah bayangan bulan yang nantinya akan menutupi sinar matahari ke permukaan bumi.
  3. Bayangan bulan yang pada awalnya berukuran kecil kemudian lama-kelamaan akan semakin besar dan berhasil dalam menutupi cahaya matahari.
  4. Ketika bulan yang nampak dengan menyabit, kemudian akan terjadi proses gerhana matahari yang tertutp secara sempurna dan membuat bumi gelap dalam beberapa waktu dekat. Fase inilah yang disebut dengan gerhana matahari total.

Efek dari gerhana matahari ini seluruh permukaan bumi yang menjadi jalur perlintasan oleh bulan akan menjadi gelap layaknya malam meski sebenarnya masih pada waktu pagi,, siang atau sore hari.

Namun jangan kawatir karena efek dari gerhana matahari ini akan berlangsung hanya berlangsung selama beberpa menit saja.

Yang menarik dari fese gerhana matahari total yang mulai berlangsung memperhatikan sinarnya kembali ini yaitu matahari yang hanya akan terlihat pada sisi pinggir cincinnya saja. Ketika akan diamati dengan baik akan nampak menyerupai solor-solor berapi yang menjulur ke luar.

Radiasi Gerhana Matahari

radiasi gerhana matahari
geek.com

Radiasi adalah suatu pancaran energi melalui materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik / cahaya (foton) dari sumber radiasi.

Ketika teman-teman mengamati gerhana matahari secara langsung, itu merupakan tindakan tidak untuk dianjurkan. Mengapa demikian? sebab kerana sedang berlangsungnya gerhana matahari total radiasi akan langsung memancar ke retina dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen.

Oleh sebab itu apabila teman-teman igin melihat secara langsung gerhan matahari yang akan terjadi sebaiknya dengan menggunakan filter tertentu yang berguna untuk melindungi mata.

Gunakan kaca mata anti radiasi untuk dapat menghindari efek buruk dari gerhana matahari yang berbahaya. Dapat juga dengan memproyeksikan ke sebuah layar kertas dengan menggunakan kamera lubang jarum, teropong atau teleskop kecil.

Ciri-ciri Gerhana Matahari

Ciri-ciri gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan yang terletak diantara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari.

Ciri-ciri gerhana matahari yang pertama adalah:

  1. Matahari, bumi dan bulan terletak pada 1 garis lurus.
  2. Bulan terkena bayangan umbta bumi.
  3. Bumi terletak diantara matahari dan bulan.

Umbra dan penumbra pada gerhana matahari, akan kami jelaskan sebagai berikut.

Dalam gerhana matahari umbra adalah bayangan yang diproyeksi di bumi dan diproduksi oleh bulan ketika benar-benar mengehalangi cahaya dari matahari. Oleh karena itu orang yang pada waktu kejadian gerhana matahari akan melihat gerhana matahari total.

Sebaliknya apabila produk bayangan yang lebih lembut dari matahari yang tertutup sebagian adalah penumbra, orang yang berada pada wilayah penumbra akan melihat gerhana matahari sebagian.

Itulah ciri-ciri dari gerhana matahari.

Macam-macam Gerhana Matahari

jenis-jenis gerhana matahari
c.tadst.com

Apabila terdapat sebuah pertanyaan, gerhana matahari dibedakan menjadi 3 macam sebutkan dan jelaskan?

Dalam pembahasan mengenai macam-macam gerhana matahari dalam artikel ini, ada 4 macam gerhana matahari yang harus kalian ketahui yaitu:

  1. Gerhana matahari total.
  2. Gerhana matahari sebagian.
  3. Gerhana matahari cincin.
  4. Gerhana matahari campuran (hibrida).

brikut ini penjelasannya yang akan kami sampaikan dengan lengkap.

Gerhana Matahari Total

gerhana matahari total
aljazeera.com

Untuk Macam-macam gerhana matahari yang pertama dan akan kami jelaskan adalah gerhana matahari total.

Fenomena gerhana matahari total terjadi apabila sinar matahari benar-benar tertutupi secara sempurna oleh bayangan dari bulan. Gerhanan matahari total hanya terjadi di permukaan bumi yang terkan bayangan bulan saja, jadi tidak akan terjadi secara menyeluruh di permukaan bumi.

Ciri-ciri Gerhana Matahari Total

Berapa tahun sekali gerhan matahari total terjadi?

Dalam perhitungan rata-rata, sebuah gerhana matahari total terjadi setiap 18 bulan sekali yang akan terjadi di suatu tempat di permukaan bumi. Namun untuk tempat yang sama dapat diperkirakan hanya terjadi pada arata-rata setiap 360 sampai 410 tahun sekali.

Gerhana Matahari Sebagian

gerhana matahari sebagian
padmasambhavameditationcenter.org

Pengertian gerhana matahari sebagian adalah gerhana yang akan terjadi apabila piringan dari bulan berada pada puncknya gerhana yang hanya menutupi sebagian dari piringan matahari saja.

Gerhana matahari sebagian terjadi ketika sinar matahari yang menuju ke bumi terhalang oleh bayangan-bayangan penumbra bulan. Dalam fase ini, akan nampak sebagian cakram matahari tertutp oleh cakram bulan.

Gerhana Matahari Cincin (anular)

gerhana matahari cincin
i.ytimg.com

Macam-macam gerhana matahari yang ke 3 adalah gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari cincin adalah gerhana matahari yang terjadi jika piringan bulan berada pada puncak gerhana yang menutupi sebagian piringan matahari saja.

Proses dalam terjadinya jenis gerhana matahari cincin  apabila ukuran piringan bulan tampak lebih kecil dibandingkan dengan piringan matahari.

Dengan begitu ketika piringan ada di depan pirigan matahari, tetapi tidak semua piringan matahari akan tertutup dengan piringan bulan. Salah satu bagian dari piringan matahari yang tidak tertutupi matahari akan tertutup dengan piringan bulan yang berada pada sekelilng piringan bulan sehingga akan nampak menyerupai cincin yang bersinar.

Cara melihat gerhana matahari cincin yaitu dengan beberapa bantuan beberapa alat.

  • Kamera Pinhole (Kamera Lubang Jarum).

Kamare ini bisa dibuat dengan beberpa bahan sederhana yang bisa teman-teman buat sendiri dirumah dengan searc di mbah google, agar teman-teman bisa membuat lubang jarum dengan beberapa variasi.

  • Kacamata Matahari.

Kacamata matahari bukanlah kaca mata biasa, melainkan kaca mata dengan lensa khusus yang dirancang untuk menghalangi sebagian besar cahaya matahari.

  • Binokular atau Teleskop.

Konsep dan prinsip penggunaan binokular hapir mirip dengan kamera lubang jarum.

Perbedaannya adalah citra matahari yang diproyeksikan melalui lensa pembesar, bukan lubang jarum.

Dengan menggunakan teleskop akan dapat menghasilakan proyeks gerhana matahari yang lebih besar dan lebih tajam bila dibandungkan dengan kamera lubang jarum.

  • Kamera DSLR.

Ketika dalam pengamatan, jangan langsung arahkan lensa kamera ke matahari, karena dapat merusak sensor pada kamera. Penggunaan filter khusus matahari untuk dapat mengurangi intensitas cahaya yang diterima oleh kamera.

Agar bisa mendaptkan citra gerhana matahari yang lebih besar, gunakan lensa telephoto dengan panjang fokus 500-2.000-mm.

Lensa standar hanya 200 mm, itu hanya akan menghasilkan citra matahari yang berukuran kering.

Gerhana Matahari Campuran / Hibrida

gerhana matahari hibrida atau campuran
whenisthenexteclipse.com

Macam-macam gerhana matahari yang ke empat dalam artikel ini adalah gerhana matahari campuran atau yang juga disebut dengan hibrida.

Gerhana matahari hibrida atau campuran merupakan salah satu jenis gerhana matahari yang paling jarang sekali terjadi dalam sejarah penelitian manusia. Apabila dibandingkan dengan 3 jenis gerhana matahari yang telah kami perjelas di atas.

Gerhana matahari campuran atau hibrida adalah gerhana yang bergeser dari gerhana matahari total ke gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari hibrida ketika berada pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana matahari ini akan muncul sebagai gerhana matahari total, sedangkan pada titik lain akan muncul sebagai gerhana matahari cincin.

Itulah pembahasan mengenai 4 jenis-jenis gerhana matahari yang bisa ditemukan pada atmosfer bumi. Perbedaan dari beberap jenis gerhana tersebut tidak lepas dari fase gerhana yang mampu bergerak.

Baca juga : Fase-fase bulan.

Gambar Gerhana Matahari

gambar gerhana matahari

Dampak Gerhana Matahari Total

Tahukah teman-teman jika gerhana matahari total ini bisa mengganggu dalam gaya gravitasi bumi? kenapa bisa terjadi, karena dengan cara menghambat pemanasan dan proses ionisasi pada lapisan ionosfer bumi, sehingga mengganggu  gravitasi tidak seimbang.

Dengan demikian, akibat dari gerhana matahari total ini begitu banyak fenomena tambahan yang terkait dengan gravitasi bumi seperti tingginya air pemukaan laut.

Akibat Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin (GMC), menurut kepala stasiun geofisika klas I BMKG. Fenomena alam ini memilik beberapa dampak bagi perairan maupun suhu udara.

Diantara dampak yang ditimbulkan dari gerhana matahari cincin yaitu:

  • Efek yang Terjadi Pada Cuaca.

gehana matahari cincin memberika efek lokal pada cuaca yang terlintas daerah cincin, karena pencahayaan matahari pada wilayah ini akan berkurang beberpaa saat.

Dari beberapa penelitian telah menunjukkan dengan adannya penurunan suhu, sementara kelembapan udara yang meningkat.

  • Efek Pasang Surut Air Laut.

Gerhana matahari cincin ini juga memiliki dampak pada permukaan air laut. Efek pada pasang surut air laut memang ada, namun peristiwa pasang surut air laut sangat bergantian juga pada karakteristik lokal pantaninya.

Itulah ringkasan materi gerhana matahari mulai dari pengertian, macam-macam, akibat yang kami jelaskan secara lengkap.

Semoga teman-teman resaja bisa mengambil hikmah dari pembahasan gerhana matahari.