Macam-macam Beladiri dan Penjelasannya Diseluruh Dunia

6 min read

Dari sekian banyak macam-macam beladiri, semua memiliki tujuan utama untuk mempertahankan diri. Selain itu beladiri diperlukan delam menghadapi kondisi yang tidak dinginkan, seperti pemalakan, perampokan, dan kejahatan lainya.

Dari sekian banyaknya perkembangan beladiri dalam olahraga, beladiri itu sendiri terus berkembang dan memiliki nama serta teknik yang berbeda-beda dari setiap negara asalnya.

Pada artikel sebelumnya kami membahas mengenai permainan olahraga bola besar beserta keterangannya.

Kini untuk memperluas pengetahuan Sobat, resaja.com akan membahas artikel mengenai macam-macam ilmu beladiri dan pengertiannya di berbagai negara.

Langsung saja yuk, simak pembahsan di bawah ini.

Macam-macam Beladiri

Kung Fu

Olahraga beladiri yang sering kita lihat dalam fil-film China, apalagi kalau bukan Kung Fu. Dalam dunia per-filaman, beladiri ini memang menajadi salah satu beladiri yang sangat populer.

Mungkin sebagaian dari Sobat memiliki pendapat jika olahraga ini memiliki hanya fiktif atau setingan dari perusahaan film. Tapi nyatanya Kung fu memang benar kebenaran adanya.

Namun dalam kung fu tidak tersebar luas dan memiliki cabang yang banyak. Cabang dari olahraga kung fu yang diketahui antara lain:

  • Ba ji quan
  • Shaolin do
  • Wing chun
  • Wudang

Saat ini di negara China bagian tengah telah mengembangkan salah satu olahraga beladiri campuran yang kita sebut dengan MMA (Mixed Martial Art), Seni beladiri yang berasal dari SOCP, Krav Mega dan Systema.

Wing Chun

Beladiri wing chun atau dikenal dengan nama wing tsun atau ving tsun, memiliki arti dengan “musim semi abadi”.

Wing Chun merupakan beladiri dengan spesialis jarak dekat, dengan pukulan dan tendangan yang cepat serta pertahanan yang ketat dan kuat.

Jika Sobat penggemar olahraga beladiri ini maka tidak heran jika mengenal dari mana negara asalnya dan asal muasal yang mengenalkan teknik beladiri ini.

Bruce Lee adalah salah satu orang yang pernah memperdalam ilmu beladiri wing chun ketika masih muda. Dan salah satu sang master yang paling kita kenal dalam dunia perfilman, yaitu Ip Man sebagai master seni beladiri wing chun.

Film Ip Man 1 sampai 3 yang dimainkan oleh Donnie Yen merupakan filam beladiri yang berasal dri negara China yang cocok untuk Sobat tonton.

Tai Chi

Tajiquan atau bisa disebut juga dengan tai chi, merupakan ilmu beladiri dengan gerakan yang halus yang berasal juga dari negara China kuno.

Pada awalnya beladiri taichi diperuntukan untuk para lansia dengan tujuan kesehatan. Namun karena perkembangan zaman, tai chi kini menjadi salah satu macam-macam dari ilmu beladiri yang cukup populer.

Kepopuleran dari bela diri ini terus berkembang dengan adanya fim Man Of Tai Chi yang dibuat pada tahun 2013 silam. Dan di dalam film ini tidak hanya terdapat orang China naun juga salah satu aktor beladiri yang terkenal dari Indonesia yaitu Iko Uwais.

Ilmu beladiri Tai chi mengandalkan otot tubuh dan gerakan beserta teknik dalam pernafasan, walupun gerakn yang dilakukan dalam seni beladiri ini halus, sebenarnya pembakaarn kalori ketika melakukan beladiri ini selam 1 jam hampir sama dengan melakukan ski dari bukit.

Muay Thai

Muay thai adalah beladiri yang berasal dari negara Thailand. Seni beladiri muay thai memiliki gerakan seperti tendangan dan sikutan.

Untuk orang yang sedang melakukan beladiri muay thai ini bisa membuat tubuh akan lebih atletis dan ideal, yang dihasilkan karena gerakan-gerakan yang lebih efektif dalam menggerakan otot-otot pada tubuh.

Marine Corps Martial Arts Program (MCMAP)

MCMAP adalah beladiri andalan dari pasukan marinir Amerika. Seni beladiri ini merupakan gabungan dari berbagai beladiri dan mulai dikenalkan pada tahun 2002.

Gerakan dalam teknik beladiri ini memang cocok untuk para marinir karena memiliki cara cepat dan agresif untuk membunuh musuh sekaligus merebut senjata musuh.

Pada MCMAP, selain memiliki keahlian dalam bertarung dengan tangan kosong, senajata seadanya, bayonet dan gagang senapan.

Kyokushinkai

Kyokushinkai adalah salah satu aliran karate yang didirikan oleh orang korea dengan nama dari salah satu orang Jepang yaitu Masutatsu Oyama.

Aliran seni baldiri ini lebih menekankan pada latihan tanding atau separing, tanpa menggunakan pelindung.

Kyokusin berarti kebenatran tertinggi yang seharusnya diyakini sebagai karate seharusnya.

Brazilian Jiu-Jitsu

Beladiri ini merupakan pengembangan dari jiujitsu yang berasal dari Jepang. prinsip dari seni beladiri ini adalah 95% perkelahian dijalan akan berujung pada perkelahian dengan jarak dekat dan berakhir di lantai.

Gerakan dalam seni beladiri ini cenderung kepada cekikan dan kuncian yang diperuntukan untuk musuh yang lebih besar dan lebih kuat.

Hapkido

Hapkido adalah beladiri yang berasal dari korea dan diciptakan oleh Choi Yung Sul pada tahun 1904-1986 yang kehidupannya dipengaruhi oleh invasi Jepang ke Korea Pada waktu perang dunia.

Teknik yang digunkan dalam beladiri ini antara lain:

  • Pukulan
  • Tendangan
  • Kuncian
  • Bantingan
  • Senjata

Sumo

Sumo adalah olahraga asli yang bersal dari Jepang yang sudah menjadi pertandingan umum selama berabad-abad.

Dalam melakukan olahraga ini dilakukan dengan 2 orang pesumo yang memiliki badan gemuk dan saling dorong-mendorong. Olahraga ini mejadi olahraga tradisonal yang sampai sekarang masih terjaga kelestariannya oleh masyarakat Jepang dan olahraga ini sangat erat dengan tradisi yang asli.

Baca juga : Lempar cakram.

Shorinji Kempo

Shorinji kempo adalah seni beladii yag dibentuk oleh So Doshin sebagai sistem pelatihan dan pertahanan diri. Berdiri pada tahun 1947 di kota Todtsu, Kagawa, di Jepang.

Shorinji kempo berasal dari kata:

  • Sho : hutan
  • Rin : bambu
  • Ji : kuil
  • Ken : aturan
  • Kempo : jalan hidup

Tekni dalam melakukan shorinji kempo terbnagi menajdi beberapa teknik yaitu:

  1. Goho : kasar
  2. Juho : halus
  3. Seiho : totokan

Beladiri dari jepang ini sangat terkenal dan mudah dijumpai di berbagai wilayah Jepang.

Wushu

Bersal dari kata Wu dan Shu yang memiliki arti yaitu seni ilmu perang.

Dulunya wushu hanya bisa dipelajari oleh golongan tertentu karena untuk membangun sifat ksatria dan tidak sembarang orang.

Dalam seni beladiri wushu, terdapat 5 elemen utama, yaitu:

  1. Air melambangkan kehidupan
  2. Kayu melambangkan tulang dan otot
  3. Api melambangkan kekuatan dan ketangkasan
  4. Bumi melambangkan pertahanan
  5. Logam melambangkan senjata

Anggar

Anggar adalah salah satu seni beladiri dengan menggunakan senjata mirip seperti pedang dan lancip. Menggunakan ketangkasan dalam penguasaan penggunaan senjata dengan teknik menusuk, memotong dan menangkis.

Anggar berasal dari kata “En Garde” yang memiliki arti besriap.

Kalarippayattu

Seni beladiri tradisional kalarippayattu yang berasal dari Kerala, India pada tahun 1362 Masehi.

Kalarippayattu telah diakui sebagai seni beladiri tertua di dunia.

Seni beladiri ini memadukan antara unsur agama dan pengobatan. Teknik yang digunakan dalam melakukan beladiri ini adalah lari, lompat dan koprol. Menggunakan senjata sejenis dengan pisau, tombak, pedang, panah, gada dan yang lainya.

Taekwondo

Taekwondo merupkan salah satu seni beladiri yang berfokus dngan keseimbangan, stamina, kecepatan dan fleksibelitas. Beladiri ini terus mengalami perkembangan, dan perkembangan paling pesat pada era setelah perang dunia II.

Taekwondo memiliki lebih dari 30 juta anggota di 100 negara.

Beladiri yang berasal dari Korea ini sangat mudah dijumpai di Indoensia.

Aikido

Aikido, seni beladiri asal Jepang yang diciptakan oleh Morihei Ueshiba pada era modernisasi Jepang, yang terjadi pada tahun 1800-an.

Dalam gerakan, beladiri aikido lebih berfokus kepada penguasaan dan kesempurnaan pada gerakan tekniknya. Teknik yang palin banyak diajarkan pada aikido lebih banyak kedalam bentuk teknik bertahan dan serangan balik (defense atau counter attack).

Namun pada tingkat lanjutan akan diajarkan pad teknik elakan, kuncian, lemparan dan bantingan.

Judo

Judo adalah pengembangan dari seni beladiri kuno yang berasal dari Jepang dengan nama Jujutsu. Jujutsu merupakan seni menyerang dan bertahan menggunakan senjata pendek maupun dengan tangan kosong.

Judo mulai dikembangkan pada tahun 1882 oleh Kano Jigoro. Teknik pada judo berfokus pada teknik bantingan dan kuncian.

Jujutsu

Jujutsu adalah nama dari berbagai macam aliran beladiri yang berasal dari Jepang. Pada dasrnya jujutsu adalah seni beladiri yang bersifat defendse dan memanfaatkan pad teknik-teknik yang memiliki sigat fleksibel, atau mengalahkan musuh dengan tangan sendiri.

Aikido dan Judo merupakan seni beladiri yang terlahir dari Jujutsu.

Capoeira

Capoeira merupakan seni beladiri yang berasal dari negara Brazil dan memiliki sejarah keunikan sendiri.

Seni beladiri ini pada awalnya diciptakan oleh budak dari Afrika yang dibawa oleh Portugis ke Brazil untuk bekerja di kebun.

capoeira adalah seni beladiri yang dipadukan dengan seni tari-tarian yang diringi dengan musik gerakan yang dihasilkan sangat lincah.

Ninjutsu

Ninjutsu atau seni pergerakan sunyi. Teknik beladiri ini sering kali digunakan oleh mata-mata negara Jepang atau bisa dikenal dengan nama lain ninja.

Ninjutsu atau teknik gerakan yang sunyi, memiliki gerakan dasar seperti tendangan, seranganm lemparan dan patahan. Namun dalam praktiknya, ninja menghindari kontak langsung dengan musuh, karena lebih sering menggunakan alat seperti; tombak dan shuriken.

Berbeda dengan seni beladir lain yang menggunakan serangan kontak langsung. Dengan ninjutsu banyak mengajarkan tenatng teknik spionase, sabotase dan cara untuk melumpuhkan lawan.

Sekarang ninjutsu banyak diikuti oleh remaja di Amerika Utara.

Gulat

Wrestring atau gulat adalah seni beladiri dimana dilakukan dengan kontak fisik antara dua orang, dengan cara mengunci untuk enjatuhkan lawannya.

Teknik yang digunakan dalam gulat yaitu:

  1. Joint lock clinch fighting
  2. Leverage
  3. Grapping hold

Teknik yang dihasilkan kepada lawan bisa, menyebabkan cedera yang cukup serius.

Kick Boxing

Kick boxing adalah beladiri yang mengandalkan pukulan dan K.O.

Gerakan yang dilakukan dalam kick boxing memiliki kemiripan dengan tinju, namun ditambah lagi dengan gerakan kaki. Seni beladiri ini sering dutemuai di tempat seperti gym yang ada di kota-kota besar.

Beladri boxing ini termasuk ke dalam beladiri dengan aliran yang cukup keras.

Baca juga : Kebugaran jasmani.

Systema

Systema adalah beladiri andalan dari pasukan khusus Rusia yang disebut dengan Spetnaz. Didirikan pada tahun 1917 oleh kaum komunitas yang tengah ditekan olah kekaisaran Rusia.

Beladiri ini termasuk beladiri yang brutal, menyerang titik lemah pada lawan secara langsung, yang kemudian melakukan kuncian dan bantingan.

SOCP

SOCP adalah beladiri andalan dari pasukan khusus Amerika, seperti:

  1. Special forces
  2. Delta force
  3. Navy seals

SOCP merupakan beladiri campuran yang lahit pada tahun 2010 silam. Tujuan dalam seni beladiri ini adalah supaya pasukan khusus dapat mengalahkan lawan dengan cepat dan merebut senjata pada lawan dengan menggunakan tangan kosong.

SOCP kepanjanganya adalah Special Operation Combatives Program.

Krav Maga

Seni beladiri krav maga adalah cikal bakal dari beladiri campuran yang sering digunakan oleh militer. Krav maga diciptakan olehe Lichtenfeld.

Beladiri ini berasal dari Israel ini memiliki sifat brutal dan keras. mengalahkan lawan dengan cara yang tabu, seperti, tusukan dan cekikakan.

Pencak Silat

Seni beladiri yang satu ini merupakan salah satu warisan dari nenek moyang bangsa Indoensia. Dalam sejarah dikatakan bahwa pncak silat sudah ada sejak tahun 1550, dimana pencak silat telah menggunakan teknik-teknik khusus dalam menjatuhkan lawannya.

Karate

Karate merupakan beladiri yang berasal dari jepang, seni beladiri ini terkenal dengan pukulannya yang mematikan. Sebaian besal beladiri karate ini mengandalkan kekuatan pada pukulan tangan.

Seni beladiri ini sedikit dipengaruhi oleh kemp yang berasal dari China. Baldiri karate juga cukup terkenal di Indonesia, dan hampir setiap sekolah juga ada olahraga ini.

Demikian pembahasan mengenai macam-macam beladiri yang ada di dunia dan Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat dalam menambah materi serta wawasan mengenai seni beladiri.