Konsep Geografi

5 min read

deskripsi konsep esensial georafi

Dalam ilmu geografi memiliki konsep dasar yang digunakan dalam menambah ilmu pengetahuan.


Secara umum aspek geografi dibedakan menjadi dua cabang yaitu aspek sisik dan aspek sosial. Aspek fisik lebih mengidentifikasi pembahasan mengenai makluk hidup, lingkungan dan wilayah.Sementara aspek sosial meliputi fenomena geosfer yang berkaitan dengan kehidupan manusia.


Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya yang mebahas mengenai pendekatan geografi dan ruang lingkup geografi kemunculan ilmu geografi. Kini resaja, akan melanjutkan pembahasan mengeni apa saja yang menjadi konsep geografi?

Nah, mari kita belajar yuk mengenai konsep dasar geografi.

Pengertian Konsep Dasar Geografi

gambar globe bumi dunia
pxhere.com

Geografi memiliki 10 konsep esensial sebutkan?

Sebelumnya masuk kedalam pembahasan tersebut, alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian dari konsep dasar geografi.

Konsep dasar geografi adalah unsur penting yang terkandung untuk memahami fenomena atau suatu kejadian geografi sekitar, sosial maupun alam.

Konsep dasar geografi menjadi konsep yang paling penting dalam menggambarkan struktur ilmu atau pun hakikat yang terkandung didalamnya. Konsep geografi merupakan rancangan ataupun yang berkaitan dengan ilmu geografi.

Getrude  Whipe dalam Sumaatmaja tahun 1981 telah menyodorkan lima konsep geografi, yang harus selalu ditemukan dan berkaitan dengan penyebebaran, fungsi, relasi, bentuk dan proses terjadinya konsep geografi.

Berikut ini ada 5 konsep geografi, yaitu:

  • Bumi sebagai planet
  • Variasi cara hidup
  • Variasi wilayah alamiah
  • Makna wilayah bagi umat manusia
  • Arti penting lokasi dalam memahai peristiwa di dunia

Dalam mata pelajaran ips konsep geografi masih terbagi lagi.

Menurut para ahli geografi yang berasal dari Indonesia yang bernama Daldjoeni, telah berpendapat bahwa ada 7 yang menjadi konsep dasar geografi, yaitu:

  • Konsep regional
  • Penghargaan atau pandangan budaya di atas permukaan bumi
  • Interaksi keruangan
  • Pertautan wilayah (area cohenrence)
  • Pentingnya arti skala
  • Lokalisasi
  • Konsep perubahan

Sedangkan menurut IGI (Ikatan Geografi Indonesia) dalam mengkaji objek materi menjadi suatu jurnal konsep dalam geografi.

Terdapat konsep yang bisa dipahami dalam mempelajari geografi antara lain ada 10 sebagai interelasi geografi.

Berikut ini ada 10 konsep esensial geografi, yaitu:

  1. Konsep Lokasi
  2. Konsep Jarak
  3. Konsep Morfologi
  4. Konsep Keterjangkauan
  5. Konsep Pola
  6. Konsep Aglomerasi
  7. Konsep Nilai Kegunaan
  8. Konsep Interaksi/Interdependensi
  9. Konsep Diferensiasi Areal
  10. Konsep Keterkaitan Ruang

Untuk lebih jelasnya bisa simak materi geografi mengenai konsep beserta contohnya dibawah ini.

10 Konsep Geografi

gambar globe bumi yang termasuk konsep dasar geografi
pxhere.com

1. Lokasi

Jika Sobat penarsaran dengan apa yang harus dijelaskan mengenai apa pengertian konsep jarak lokasi dalam ilmu geografi?

Maka Lokasi atau letak adalah wilayah atau suatu daerah dimana adannya keterkaitan pada suatu objek kajian di permukaan bumi. Secara umum dalam konsep geografi lokasi ini dapat dibagi menjadi dua cabang atau bagian, yaitu:

  1. Lokasi absolut geografi
  2. Lokasi relatif geografi

Nah, untuk pembahasan kelanjutanya mengenai 2 cabang konsep dasar geografi ini adalah:

Lokasi Absolut

Pengertian dari lokasi absolut itu sendiri adalah letak dari suatu daerah yang dapat dilihat dari garis bujur ataupun dari garis lintang. Keadaan lokasi absolut memiliki sifat statis dan tidak tidak bisa berubah, karena berpedoman dengan garis astronomi bumi.

Perbedaan berdasarkan garis astronomi ini yang bisa dikatakan menjadi penyebab perbedaan iklim yang antara garis lintang dan perbedaan selisih waktu.

  • Contoh lokasi absolut

Letak astronomis Indonesia uyang berada antara 6 derajat lintang utara hingga 11 derajat lintang selatan serta 95 derajat bujur timur sampai 141 bujur timur.

6ºLU-11ºLS, dan 95ºBT-141BTº

Lokasi Relatif

Sedangkan pengertian dari lokasi relatif adalah letak atau tempat suatu wilayah yang dilihat dari daerah lain yang berada disekitarnya.

Lokasi yang dimaksud ini pula juga bisa berganti sesuai dengan objek yang ada di sekelilingnya. Keberadaan lokasi relatif ini sangat penting sebab, lebih banyak membahas mengenai kajian dalam ilmu geografi yang bisa kita sebut dengan letak geografis.

  • Contoh lokasi relatif
Contoh dari letak relatif ini adalah letak geografis Indonesia yang berada di antara dua benua yaitu Asia dan Autralia, serta diapit dengan dua samudera yaitu Hindia dan pasifik.

2. Jarak

Jarak merupakan sela atau ruang yang dapat menjadi penguhung antara dua lokasi atau objek tujuan yang bisa dilakukan dengan cara hitungan panjang jarak dan waktu.

Konsep jarak dalam ilmu geografi memliki peran penting dalam kehidupan sosial, politik serta perekonomian.

Dalam komsep jarak juga dibagi menjadi 2 cabang, yaitu:

  1. Jarak mutlak
  2. Jarak relatif

Jarak Mutlak

Pengertian dari jarak mutlak dalam konsep geografi adalah ruang atau sela antara dua lokasi yang bisa digambarkan atau dijelaskan dengan ukuran panjang yang bisa dihitung dengan bentuk satuan meter, kilometer sampai selanjutnya.

  • Contoh jarak mutlak

Jarak yang bisa diukur anatara dua kota misalnya:

Jarak antara Kota Jakarta ke Kota Bandung yang memiliki jarak sekitar 150 KM

Jarak antara Kota Jakarta ke Kota Bandung yang memiliki jarak sekitar 150 KM

Jarak itu diukur dengan memanjang dari titik kota A anggap saja Jakarta dan Kota B adalagh Bandung, yang diukur dengan satuan kilometer.

Jarak Relatif

Pengertian dari jarak relif adalah ruang atau selah dalam suatu wilayah antara dua lokasi yang bisa dikatakan dengan lamanya perjalanan atau waktu yang dibutuhkan.

  • Contoh jarak relatif
Jarak antara Jakarta ke bandung yang bisa ditempuh dengan waktu 2 jam dengan melewati jalan tol

Tetunya jarak relatif tersebut bisa berbeda apabila terjadi macet atau apabila perjalanan tersebut (ke Kota Bandung) yang tidak melali jalan tol.

3. Morfologi

Morfologi atau geomorflofi adalah suatu ilmu yang memang khusus dalam mengkaji atau mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan bentuk dari permukaan bumi.

Konsep geografi morfologi ini sekaligus menjelaskan tentang struktur dari batuan-batuan yang menyusun bentuk permukaan bumi mulai dari:

  • Pantai
  • Dataran rendah
  • Dataran tinggi
  • Pegunugan
  • Lembah
  • dan yang lainya

Contoh dari konsep morfologi adalah:

  1. jakarta yang termasuk kedalam dataran rendah
  2. Bandung adalah dataran tinggi
  3. Sebagian wilayah dari D.I Yogayakarta adalah daerah perbukitan kapur (karts)

4. Keterjangkauan

Dalam konsep keterjangkauan geografi, ilmu ini memilki makna yaitu kemudahan untuk mengakses jarak tempuh menuju ke suatu tempat atau titik tujuan.

Itilah lain dalam konsep keterjangkauan ini adalah suatu jarak tempuh yang mampu dicapai dengan kurun waktu maksimum dari satu wilayah ke wilayah yang lain dan perlu juga untuk memperhatikan sarana dan prasarana yang digunakan.

  • Contoh konsep keterjangkauan
Akses jalan menuju pulau Madura yang dulunya harus menggunakan perahu, kini bisa dengan alternatif lainya, yaitu dengan jambatan Suramadu yang memudahkan perjalanan dengan akses jemabatan.

5. Pola

Konsep berikutnya adalah pola sebagai konsep esensial geografi.

Pola merupakan sebuah struktur, bentuk serta persebaran fenomena atau suatu kejadian yang telah terkadi dimuka bumi baik itu gejala alam maupun gejala sosial lainya.

Dalam artian lain, konsep pola juga bisa diartikan dengan susunan geometris yang mempunyai aturan sebagai bentuk dalam interaksi antara mansuia dengan linghkungan.

  • Contoh konsep pola
  1. Pemukiman penduduk yang dibangun secara memanjang, dengan mengikuti alur jalan raya ataupun aliran sungai
  2. Pemukiman pada kota Jakarta dengan pembangunan yang berhimpunan

6. Aglomerasi

Aglomerasi dalam geografi adalah suatu kecendedurngan dalam suatu kelompok dalam mengatasi suatu gejala yang berkaitan dengan kegiatan aktivitas manusia.

Dalam pengelompokan ini, konsep aglomerasi dalam geografi memiliki kegunaan sebagai objek studi geografi.

  • Contoh persoalan aglomerasi

Konsep aglomerasi dalam geografi ialah suatu pengelompokan antara wawasan industri yang sengaja dipisahkan dari wilayah pemukiman.

Kegiatan industri yang berpusat pada kawasan Jababeka, Pulogebang dan Tangerang

7. Nilai Kegunaan

Pengertian dari konsep nilai kegunaan dalam geografi adalah suatu manfaat yang diberikan dari suatu wilayah yang bisa untuk dikembangkan untuk menunjang dalam proses perkembangan pada suatu wilayah.

  • Contoh konsep nilai kegunaan

Kawasan perbukitan kapur seperti Wonosari, gunung kidul mempunyai banyak goa dan sumber mata air bawah tanah yang sangat cocok untuk dijadikan objek tempat wisata alam.

Contoh konsep geografi yang kedua dalam kehidupan sehari-hari yaitu, pulau Madura yang memiliki cuaca panas sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat tambak garam.

8. Interaksi dan Interpendensi

Interaksi atau interpendensi merupakan suatu hubungan yang mampu mempengaruhi antara suatu gejala dan gejala yang lainya dan juga saling menguntungkan dalam memenuhi kebutuhannya.

  • Contoh konsep interaksi dan interdependensi

Desa adalah sebagai pemasok tenaga kerja dan kota yang menjadi pemasok bahan produksi desa.

Tanaman bawang yang banyak tumbuh subur di brebes dan diangkut ke Jakarta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kota besar.

9. Diferensiasi Areal

Konsep diferensiasi area yaitu konsep yang membandingkan kepada dua wilayah tertentu dengan menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah yang lainya, karena wilayah yang laiya memiliki karakteristik yang menjadi ciri khas masing-masing.

  • Contoh konsep diferensiasi area

Bentuk asli dari rumah masyarakat Sulawesi yang memiliki bentuk panggung, sedangkan bentuk dari rumah aslai Jawa yang tak berpanggung.

Diwilayah pantai masyrakatnya yang memiliki mata pencahrian sebagai nelayan, berbeda dengan masyrakat pegunungan yang memiliki mata pencaharian sebagai petani.

10. Keterkaitan Ruang

Konsep keterkaitan ruang yaitu konsep yang menunjukkan akan tingkat yang memiliki keterkaitan dengan wilayah dan bisa mendorong dalam terjadinnya sebab dan akibat antar wilayah.

  • Contoh konsep keterkaitan ruang

Lalu lintas yang berada di kota Jakarta yang selalu macet, yang disebabkan oleh mobilitas pekerja yang memiliki rumah di pinggiran Jakarta akan tetapi bekerja di Jakarta.

Baca juga : Pengertian Geografi

Itulah 10 konsep dasar geografi yang bisa disampaikan oleh resaja dalam artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan dalam menjalankan tugas seperti makalah ppt atau power point dan yang lainya.