Jenis Aluminium

2 min read

jenis aluminium

Pada pembahasan jenis aluminium, pasti tahukan bahwa pada era sekarang aluminium ini banyak sekali di manfaatkan sebagai bahan bangunan dan juga akat rumah tangga.

Pada artikel ini, akan kami bahas beberapa tentang macam macam aluminium sampai manfaat aluminium.

Pengertian Aluminium

pengertian aluminium

Apa itu aluminium?

Pengertian aluminium adalah suatu jenis unsur logam yang sangat berlimpah, secara luas dapat digunakan menjadi suatu bentuk produk atau bentuk.

Aluminium secara kimia dilambangkan dengan Al dengan nomor atom 13.

Meskipun aluminium buka merupakan jenis logam berat, namun memiliki elemen yang cukup besar, berkisar antara 8% dari permukaan bumi.

Aluminium juga termasuk dalam konduktor penghantar listrik yang bagus, dengan berat yang ringan serta bahan kuat, aluminium juga termasuk sebagai konduktor panas yang bagus.

Logam jenis ini dapat ditempa serta ditarik menjadi kawat dan menjadi aluminium batangan dengan berbagai macam penampang serta tahan terhadap korosi.

Aluminium banyak digunakan dalam berbagai hal, seperti dalam kabel yang bertegangan tinggi, serta dapat juga gunakan sebagai bahan bingkai jendela serat badan pesawat terbang.

Ada juga yang memnfaatkan sebagai alat-alat rumah tangga seperti panci, botol minum. Aluminium juga dapat digunakan untuk melapisi lampu pada mobil.

Sejarah Aluminium

Sejalah penemuan aluminium sebenarnya sudah cukup lama. Ada banyak bentuk yang telah digunakan pada abad-abad yang lalu, diantaranya; aluminium oksida yang telah digunakan pada masa mesir kuno yang disebut dengan tawas.

Sekitar pada tahun 1800, Hans Christian Oersted terisolasi dengan bentuk tidak murni dari logam dan beliau diikuti oleh Friedrich Wohler, dimana ia telah berhasil dalam mengisolasi bentuk murni pada tahun 1827.

Pada masa sejarahnya, para ilmuwan percaya bahwa aluminium merupakan logam yang sulit ditemukan dan langka. Selain itu juga sulit dalam proses mengekstrak dan logam ini

Pada tahun 1886, terapat seorang mahasiswa dari Amerika yang bernama C.M. Hall dan mahasiswa dari perancis yang bernama Paul Herout.

Mereka berhasil melakukan penelitian hingga dapat menemukan suatu proses peleburan menjadi biji untuk mengekstrak aluminium. Bahkan hingga sekarang ini banyak orang didunia yang masih memakai metode yang mereka temukan.

Aluminium sebenarnya merupakan unsur yang paling umum dalam kerak bumi.

Dalam bentuk murni, jenis logam aluminium ini keperakan putih dan sanga ringan. Unsur ini dapat memadukan mudahnya dalam membuat suatu bentuk dengan sangat ringan sekaligus kuat.

Proses Pemurnian Aluminium

Dalam proses atau tahapan dalam pemurnian aluminium, terdapat dua metode yaitu:

  1. Proses pemurnian bijih bauksit agar dapat memperoleh aluminium oksida yang disebut dengan proses bayer.
  2. Proses peleburan aluminium oksida agar dapat menghasilkan aliminiu murni yang dapat disebut dengan proses hall-heroult.

Adapun rumus kimia aluminium adalah AI203 dengan nama material alumina.

Memilih Jenis Aluminium Alloy

Adabeberapa jenis aluminium alloy yang begitu mudah ditemukan saat ini.

Adapun variasi jenisnya juga beragam, ada baiknya sebelum melakukan pembelian aluminium harus mengetahui karakter dari material tersbut.

Terkait dengan aluminium alloy setidaknya ada beberapa hal, seperti:

  • Kemampuan kerja
  • Kapasitas bahan untuk dilas
  • Ketahanan terhadap korosi
  • Kekuatan bahan
  • Contoh bahan yang telah menggunakan material trsebut

Jenis Penggunaan Aluminium

gambar aluminium

Dengan banyaknya kebutuhan yang terus meningkat ada banyak sekali aluminium yang dirubah menjadi meterial sesuai dengan perkembangan zaman.

Jenis aluminium untuk kusen baik pintu dan jendela.

Partisi kaca aluminium sendiri menjadi pemisah atau pembatas yang dapat memisahkan ruangan atau bidang bangunan dari satu dengan yang lainya.

Dalam masyarakat, aluminium itu sendiri menjadi salah satu kebutuhan dalam pembangunan rumah, perkantoran hingga pertokoan.

Bagaimana tidak karena bahan yang kuat menjadi salah satu inovasi penganngti kayu yang bisa rapuh dan mudah rusak apabila perawatn kurang bagus.

Dan salah satu faktor terbesarnya adalah masalah periode dari bahan kayu ini. Dengan bahan aluminium yang lebih kuat dan tahan terhdap panas dan hujan, lain dengan kayu yang mudah rapuh.

Kelebihan Aluminium

Adapun kelebihan dalam memanfaatkan aluminium ini antara lain:

  • Menjadi salah satu pengahantar panas dan listrik yang baik walaupun tidak sebaik tembaga.
  • Memiliki warna yang stabil,seolah olah tidak berkarat.
  • Tidak perlu cat, aluminium sudah terlihat bagus.
  • Serbuk aluminium yang halus terlihat seperti logam sehingga sering dicampurkan dengan cat atau yang kita kenal dengan vernish.
  • Tidak bereaksi dengan bahan kimia atau asa yang terdapat di dalam bahan baku makanan, sehingga aluminium sering sekali diubah menjadi perabotan rumah tangga.