Ilmu Penunjang Geografi

8 min read

ilmu penunjang geografi

Dalam belajar ilmu geografi, pelajaran ini memiliki kajian yang sangat luas sehingga ilmu geografi memerlukan ilmu penunjang yang memiliki keterkaitan dengan fenomena yang ada di bumi.

Dalam kajian geografi mengenai bumi secara fisik, teritorial, gejala sosial serta interaksi antar manusia.

Dalam hal ini, geografi bisa diamati atau dianalisis dengan lebih spesifik dengan tujuan supaya bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Nah maka dari itu, ketahuilah jenis dari ilmu pendukung geografi yang akan kami sampaikan.

Ilmu Penunjang Geografi Fisik

ilmu pendukung geografi
Ilmu Penunjang Geografi

Geografi fisik adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang gejala fisik, berasal dari permukaan bumi dan akan terjadi pada suatu obyek seperti:

  1. Tanah.
  2. Air.
  3. Udara.

Dalam geografi fisik yang akan terjadi, hal ini merupakan gejala alamiah dalam permukaan bumi sebagai tempat hidup manusia.

Diantara geografi fisik adalah:

  • Geologi.
  • Ilmu tanah.
  • Geomorfologi.
  • Oseanografi atau ocenaografi.
  • Meteorologi dan klimatologi.

Beikut ini penjelasan dan keterangannya.

Geologi

Geologi yaitu ilmu geografi yang mempelajari mengenai suatu ilmu bumi berdasarkan struktur, sifat-sifat fisik, sejarah , komposisi atau komponen serta proses dalam pembentukannya, yang bisa disimpulkan seperti ilmu batuan.

Berikut ini adalah contoh fenomena alam yang masuk ke dalam cabang geografi, yaitu:

  • Sistem tata surya.
  • Gurun terluas di dunia.

Ilmu Tanah

Ilmu tanah adalah kajian geografi tentang sifat-sifat dari bentuk fisik tanah dan segala sesuatu yang memiliki keterkaitan dengan jenis tanah yang ada di muka bumi.

Geomorfologi

Geomorfologi adalah ilmu geografi yang mempelajari proses secara ilmiah yang berhubungan dengan bentuk permukaan bumi serta proses yang terjadi pada bagian-bagiannya.

Oseanografi atau Ocenaografi

Oseanogrfai adalah ilmu geografi yang mengkaji suatu ilmu dengan detail mengenai samudera dan lautan, seperti pada struktur salinitas, percampuran, arus rekayasa laut, ombak, sedimen kelautan dan lain-lain.

Meteorologi dan Klimatologi

Meteorologi dan klimatologi adalah kajian mengenai ilmu geografi yang sama dalam mempelajari gejala cuaca dan iklim yang ada di Indonesia maupun dunia.

Hasil penelitian dari badan meteorologi dan klimatologi adalah suatu proses terjadinya pelangi.

Ilmu Penunjang Geografi Manusia

ilmu penunjang geografi sosial
Ilmu Penunjang Geografi

Geografi manusia adalah suatu cabang ilmu geografi yang mempelajari mengenai aspek-aspek keruangan yang dapat dijadikan sebagai tempat terjadinya kegiatan sehari-hari manusia.

Ada beberapa aspek yang akan dikaji dalam ilmu pendukung geografi ini adalah aktivitas manusia, yang meliputi aktivitas:

  • Geografi ekonomi.
  • Geografi permukiman.
  • Geografi politik.
  • Geografi sosial.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Geografi Ekonomi

Geografi ekonomi adalah cabang ilmu geografi manusia yang mempelajari berupa sturktur keruangan aktivitas manusia.

Yang menjadi titik pusat dalam kajian ini adalah struktur ekonomi masyarakat yang meliputi bidang industri ,pertanin, transportasi, komunikasi, perdagangan, jasa dan yang lain-lain.

Geografi Permukiman

Geografi permukiman adalah cabang ilmu geografi yang mekaji suatu kejadian didalam kehidupan manusia tentang perkemabangan permukiman pada suatu wilayah yang ada diseluruh dunia.

Dalam ilmu geografi ini, membahas mengenai kapan lokasi pemukiaman itu akan dihuni, faktor apa yang mempengaruhi perkembagannya dan pola permukiman serta seperti apa bentuk permukiman tersebut.

Geografi Politik

Geografi politik adalah suatu cabang ilmu geografi manusia yang berkaitan dengan suatu aspek keruangan yang ada pada sektor pemerintahan atau kenegaraan yang berhubungan dengan regional dan internasional, pemerintah atau kenegaraan di muka bumi.

Dalam kajian ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam perkambangan dan hubungan kenegaraan.

Geografi Sosial

Geografi sosial adalah cabang ilmu geografi menusia yang mempelajari hubungan sosial dengan struktur yang ada pada keruangan, pembahasan mengenai nilai sosial.

Kajian dalam ilmu geografi sosial, mengkaji mengenai kesehatan dan perlindungan, kriminalitas dan kemiskinan, dan variasi pergerakan dibidang sosial.

Setalah mengetahui cabang-cabang ilmu geografi secara garis besarnya.

Kami akan melanjutkan pembahasan mengenai cabang-cabang ilmu geografi berdasarkan bidang kajian serta ilmu penunjangnya.

Simak pembahasan macam-macam cabang ilmu penunjang geografi, di bawah ini.

Macam-Macam Ilmu Penunjang Geografi

macam macam ilmu penunjang geografi
Ilmu Penunjang Geografi

Kartografi

Kartografi adalah suatu cabang ilmu geografi yang mengkaji mengenai pemetaan atau representasi terhadap permukaan bumi yang ditandai dengan bentuk abstrak yang tidak mengandung unsur kontroversi.

Tujuan dari karografi ini adalah memperluas kajian geografi.

Pitogeografi

Pitografi adalah suatu cabang ilmu geografi yang khusus mempelajari tentang tanaman atau tumbuhan.

Zoologi atau Zoogeografi

Zoogeografi adalah suatu cabang ilmu geografi yang khusus dalam mempelajari tentang hewan.

Antropogeografi

Antropogeografi adalah suatu cabang ilmu geografi yang khusus dalam mempelajari tentang kehidupan manusia.

Geologi

Geologi adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang sifat-sifat bentuk bumi, seperti reaksi pada gaya, bentuk bumi dan medan potensial bumi.

Medan magnet dan gravitasi.

Selain itu juga geologi ini juga melakukan penelitian interiot bami seperti:

  • Inti bumi.
  • Mantel bumi.
  • Kulit bumi.
  • Kandungan alam yang ada didalamnya.

Geodesi

Geodesi adalah ilmu pembelajaran mengenai pemetaan dan pengukuran Wilayah atau daerah.

Glasiologi

Glasiologi adalah salah satu cabang dari ilmu geografi yang mengkaji mengenai sifat-sifat fisika dan kimia yang berasal dari es dan salju.

Ilmu Atmosfer

Atmosfer adalah suatu kajian ilmu yang mempelajari tentang struktur gas bumi sampai lapisan eksosfer.

Cabang utama dari ilmu atmosfer ini adalah:

  1. Klimatologi.
  2. Meteorologi.
  3. Astronomi.

Kimia Atmosfer

Kimia atmosfer adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari mengenai kimia atmosfer pada bumi beserta planet-planetnya.

Dalam disiplin ilmu atmosfer dapat melibatkan fisika, meteorologi, kimia lingkungan, pemodelan komputer, geologi, oseanografi, vulaknologi dan bidang lainnya.

Memiliki hubungan penelitian dengan bidang ilmu lain seperti klimatologi atau cuaca.

Hidrometeorologi

Hidrometeorologi adalah cabang pembelajaran mengenai proses perubahan iklim yang terjadi di seluruh permukaan bumi.

Biogeografi

Biogeografi adalah ilmu pembelajaran mengenai keanekaragaman hayati yang didasari oleh ruang dan waktu.

Tujuannya untuk mengungkap suatu organisme dan suatu dapat mempengaruhinya.

Paeleontologi

Paeleontologi yaitu, cabang ilmu yang mempelajari mengenai sejarah dalam kehidupan makhluk hidup yang ada dimuka bumi, seperti pada hewan, tumbuhan yang hidup pada masa lampau dan telah berubah menjadi fosil.

Mikropaleontologi

Mikropaleontologi adalah cabang ilmu yang mempelajari mikrosofil yang mirip dengan paeleontologi.

Geomikrobiologi

Geomikrobiologi yaitu, ilmu pembelajaran mengenai interaksi mikropis dengan lingkungan anorganik yang bentuknya seperti batuan sedimen.

Geomikro biologi merupakan gabungan antara geografi dengan mikrobiologi dan memiliki hubungan dengan mikroorganisme yang dalam akuifer dan suolai air minum seperti pada umunya.

Hidrologi

Hidrologi adalah cabang ilmu yang mempelajari mengenai distribusi, perkembangan dan kualitas air yang ada di seluruh bumi.

Seorang peneliti yang menangani masalah ini disebut dengan hidrologi yang bekerja dalam bidang ilmu bumi dan ilmu lingkungan pada teknik sipil.

Dalam ilmu geografi ini dapat menghasilkan fungsi air hujan bagi kemanfaatan makhluk hidup yang ada di seluruh penjuru dunia.

Limnologi

Limnologi adalah Kajian ilmu yang mempelajari tentang kehidupan makhluk hidup yang ada di perairan darat.

Keseimbangan bagi perairan darat ini terjadi paling sering pada perairan air tawar. Sampai ruang lingkup kajiaanya sampai bisa mencapai peraiaran air payau.

Hidrogeologi

Hidrogeologi adalah ilmu pembelajaran mengenai penyebaran air yang ada di dalam tanah dan batuan yang ada pada kerak bumi.

Geologi Ekonomi

Geologi ekonomi yaitu ilmu geografi yang membahas mengenai hubungan material bumi yang memilik fungsi keguaan dalam bidang ekonomi dan industri.

Geologi Rekayasa

Geologi rekayasa yaitu suatu ilmu pelajaran yang mengkaji tentang cara dalam penerapan pada bidang praktek rekayasa sebagai tujuan untuk menjamin faktor-faktor tertantu yang dapat mempengaruhi suatu lokasi geografi, kontruksi , desain, operasi dan perawatan pekerjaan rekayasa yang telah dipersiapkan secara matang.

Geologi Lingkungan

Geologi lingkungan adalah cabang ilmu geografi lingkungan yang mempelajari tentang ilmu pengolahan sumber daya alam dan hidrologi, diantaranya mineral, bakar fosil, air dan tata guna lahan.

Sendimentologi

Sendimentologi adalah ilmu geografi yang mengkaji tentang pembentukan lapisan tanah yang diakibatkan dari pengendapan tanah yang bisa menyebabakan perpindahan ke tempat lain.

Geologi Sejarah

Geologi sejarah yaitu, cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang rekontruksi serta memahami sejarah bumi dengan menerapkan prinsip-prinsip geografi.

Geologi sejarah ini termasuk kedalam suatu proses geologi dan evolusi pada tumbuhan dan binatang selama waktu yang berbeda dalam skala geologi.

Geologi Struktur

Geologi struktur yaitu, suatu ilmu yang mempelajari mengenai distribusi 3 dimensi tubuh batuan dan permukaannya secara rinci, lengkap serta tersusun internalnya.

Geokimia

Geokimia adalah suatu cabang ilmu penunjang geografi yang mempelajari tentang komposisi-komposisi kimia pada bagian bumi.

Geofisika

Geofisika dalam ilmu penunjang geografi yaitu, suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi dan prinsip fisika lainnya.

Dalam melakukan penelitiannya dapat dilakukan di bawah permukaan bumi dengan cara melakukan pengukuran di atas permukaan bumi dari parameter fisika yang dimiliki oleg batuan yang ada di dalam bumi.

Geokronologi

Geokronologi adalah suatu cabang ilmu yang mengkaji mengenai umur absolut batuan, sedimen dan fosil dalam tingkat ketidak pastian tertentu yang ada pada metode yang akan digunakan.

Mineralogi

Mineralogi adalah ilmu penunjang geografi yang mempelajarai mengenai suatu proses dalam pembentukan mineral yang ada pada bumi, dengan penelitian pada struktur kristal, sifat kimia, dan fisika dari mineral.

Kristalografi

Kristalografi adalah ilmu yang mempelajari mengenai percobaan sains yang dapat digunakan dalam menentukan sususnan atom yang ada pada zat benda padat.

Petrologi

Petrolofi yaitu suatu cabang ilmu yang memplajari mengenai batuan dan kondisi dalam pembentukannya.

Vulkanologi

Vulkanologi dalam ilmu penunjang geografi yaitu suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai gunung berapi, magma, lava, serta fenomena-fenomena geografi yang masih memiliki hubungan keterkaitan.

Salah satu contoh dari fenomena vulkanologi adalah gunung tertinggi yang ada di Indonesia.

Edafologi

Edafologi yaitu cabang ilmu yag mempelajari mengenai kesuburan tanah.

Dalam kajian ilmu geografi edafologi ini memiliki peran dalam mempelajari keilmuan mengenai tanah yang berfungsi sebagai pendukung kehidupan makhluk hidup terutama pada tumbuhan.

Pedologi

Pedologi adalah suatu cabang ilmu penunjang geografi yang mengakaji tentang lokasi  yang mencakup kepada suatu persamaan dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia yang berada di atas permukaan bumi.

Oceanografi Fisika

Oceanografi fisika yaitu cabang ilmu penunjang geografi yang mengkaji mengenai ciri fisik samudera, seperti pada suhu salinitas, ombak, pencampuran dan arus rekayasa laut.

Oceanografi Kimia

Oceanografi kimia yaitu cabang ilmu penunjang geografi yang mengkaji mengenai ilmu kimia samudera dan interaksi kimia dengan atmosfer.

Penginderaan Jauh

Penginderaan jauh yaitu cabang ilmu penunjang geografi yang mengkaji megenai ilmu dan seni yang dapat menghasilkan suatu obyek, gejala atau daerah.

Analisa yang dilakukan dengan menggunakan alat tanpa ada kontak langsung dengan objek yang diteliti.

Sistem Informasi Geografi (SIG)

Sistem informasi geografi merupakan cabang ilmu penunjang geografi yang mengkaji mengenai sistem informasi yang berbasis komputer yang dapat mengolah, memproses menganalisa data geografis maupun non-geografis.

Palinologi

Palinologi adalah ilmu geografi yang mempelajari mengenai polinomorf yang ada saat ini dan fosilny.

Diantarannya adalah serbuk sari, dinoflagelata, kista.

Bersamaan dengan partikel material organik serta kerogen yang terdapat pada sendimen dan batu sendimen.

Stratigrafi

Stratigrafi adalah cabang ilmu penunjang geografi yang mengkaji mengenai ilmu sejarah mengenai komposisi  dan umur relatif serta distribusi pelapisan tanah dan interprestasi lapisan-lapisan batuan untuk menjelaskan sejarah terbentuknya bumi.

Geografi Regional

Geografi regional adalah cabang ilmu penunjang geografi yang mengkaji mengenai deskripsi yang menyeluruh antara aspek manusia dan aspek alam (lingkungan) yang berkaitan dengan interelasi, interaksi, inegrasi yang ada diantara aspek alam dan manusia.

Biologi Laut

Biologi laut adalah ilmu yang mempelajari mengenai tumbuhan, binatang, dan mikrobe (biota), samudera dan interaksi ekologi.

Geologi Laut

Geologi laut adalah cabang ilmu penunjang geografi yang mempelajari mengenai geologi dasar laut dan termasuk tektonik lempeng.

Itulah penjelasan materi mengenai semua cabang-cabang ilmu penunjang geografi yang dijelaskan dengan lengkap yang dapat Anda bedakan menjadi beberapa fenomena alam melalui cabang geografi.

Manfaat Ilmu Penunjang Geografi

manfaat ilmu penunjang geografi
Ilmu Penunjang Geografi

Dari sekian banyaknya fenomena-fenomena alam yang terjadi di dalam bumi.

Dengan mempelajari ilmu geografi kita bisa mengambil beberapa manfaat yang pastinya sangat baik dalam perkembangan kemampuan.

Setalah mempelajari tentang ilmu penunjang geografi.

Berikut ini 10 manfaat mempelajari ilmu geografi yang bisa diterima.

10 Manfaat Mempelajari Ilmu Penunjang Geografi

1. Mambantu Nelayan

Ilmu geografi sangatlah penting bagi para nelayan, karena dengan memanfaatkan ilmu ini para nelayan bisa terbantu dalam menentukan arah angin dan juga menentukan apakah akan melanjutkan dalam menangkap ikan atau pulang ke daratan.

2. Memabantu Petani

Sedangkan manfaat bagi para petani, mempelajari ilmu geografi sangat berperan dalam mengetahui kondisi suatu tanah yang mana cocok untuk bercocok tanam atau tanah yang cocok untuk berkebun.

3. Perencanaan Wilayah atau Planologi

Selain bermanfaat bagi para petani, ilmu geografi ternyata bisa membantu dalam pengembangan ilmu yang lainnya.

Seperti dalam membantu perkembangan dalam perencanaa suatu wilayah atau planologi.

Dalam kajian ini ilmu geografi berperan dalam merumuskan berbagai potansi alam di masa yang akan datang.

4. Pengarah Pembangunan Wilayah

Dengan memanfaatkan ilmu geografi maka sesorang dapat mengarahkan pembangunan daerah atau wilayah, dimana pembangunan itu bisa dilihat dari kondisi dan fisik wilayah.

5. Membantu Memahami Kondisi Iklim Global

Dengan mamnfaatkan ilmu geografi akan lebih mudah sesorang dala memahami kondisi iklim pada waktu itu.

Mengetahui kondisi iklim dalam menentukan tindakan kelanjutan yang akan dilakukan.

6. Memabantu Dalam Memahami Kondisi Sumber Daya Alam dan Manusia

Selain berguna dalam membantu memahami kondisi iklim global adannya manfaat dari ilmu geografi, dengan adannya ilmu bantu geografi ini bisa membantu dalam memahami kondisi SDM (Sumber Daya Manusia).

Dengan adanya pemahaman dari kondisi alam, bisa membantu dalam mengetahui sebuah peluang dan juga keterbatasan alam yang dapat dimanfaatkan.

7. Mengetahui Bencana Yang Akan Terjadi

Manfaat ilmu geografi selanjutnya bahwa ilmu geografi dapat membantu dalam mengetahui bencana yang akan terjadi.

Ketika seseorang yang faham betul dengan illmu geografi, maka orang tersebut akan tahu karena sebelum bencana terjadi alam akan mengeluarkan pertanda tertentu.

Misalnya dalam bencana alam gungung berapi.

Sebelum gunung berapi meletus pasti telah melakukan aktivitas kecil, dan para hewan yang tinggal di gunung akan berpindah tempat sebelum terjadinya letusan gunung berapi. Dan dengan alat bantu sepeeti seismograf manusia bisa mamanfaatkannya dalam mengukur kekuatan dan kondisi gunung barapi atau aktif.

8. Sebagai Gambaran Kepadatan Penduduk

Manfaat selanjutnya dalam pelajaran ilmu geografi adalah sebagai gambaran dalam mengatahui kepadatan penduduk.

Dengan adannya ilmu geografi bisa membantu dalam mengetahui pertumbuhan penduduk dan juga seberapa besar kelompok usia pada suatu daerah tertentu baik pada usia produktif maupun pada usian lansia.

9. Mengindentifikasi Sumber Energi

Ilmu geografi juga dimanfaatkan dalam membantu mengidentifikasiakan sumber energi alam yang bisa untuk diambil manfaatkan sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh manusia.

10. Pembelajaran Hidrosfer

Manfaat dari ilmu geografi untuk mengkaji hidosfer adalah memabntu dalam mengetahui pemanfaatan anataralain:

  • Sungai.
  • Danau.
  • Laut.

Sebagai salah satu kegiatan transportasi maupun sebagai sumber energi.

Selain itu pemanfaatan ilmu geografi hidrosfer seperti arus sungai yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik.

Demikain pembahasan oleh resaja mengenai ilmu penunjang geografi berberta manfaat ilmu geografi.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menambahkan ilmu pengetahuan dan wawasan.