Aspek Geografi

5 min read

ada beberapa aspek dalam analisa geografi

Geografi merupakan cabang imu pengetahuan yang mengenalkan tentang bumi berserta aspek, gejala alam dan hubungan alam dengan manusia.

Secara umum pembagian aspek geografi dibagi menjadi dua yaitu,

  • Aspek fisk (alamiah).
  • Aspek sosial (manusia).

Dari kedua aspek ini memiliki definisi, pengertian dan contoh sebagai hasil dari analisisa yang telah dilakukan.

Dalam artikel sebelumnya resaja.com telah membagikan materi tentang ilmu geografi berupa metode penelitian dan sistem informasi geografi.

Nah, berikut ini kami akan memberikan gambaran mengenai materi dalam aspek geografi yang akan dijelaskan dengan lengkap.

Simak yuk, pembahasan di bawah ini.

Pengertian Aspek Geografi

adapun aspek yang terdapat di dalam geografi

Apa itu aspek geografi?

Definisi atau pengertian dari aspek geografi adalah ilmu yang mepelajari bentuk bumi beserta isi dan sifat yang terkandung didalamnya.

Aspek dan ruang lingkup geografi meliputi ruang dan faktor pendukung dalam berbagai kehidupan manusia yang telah terjadi. Ketika Anda telah mencoba untuk melakukan perjalanan ke suatu kota atau daerah yang baru, misal seperti daerah yang termasuk perbukitan dan melakukan perjalanan ke dataran rendah.

Berdasarkan objek studinya dalam ilmu geografi, memang banyak pembahasan mengenai banyak hal.

Diantara semua cabang ilmu geografi terdapat 2 aspek pembahasan geografi yang paling utama dan telah kami sebutkan di atas yakni aspek fisik dan aspek sosial (non-fisik).

Aspek geografi fisik ini dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Aspek topografi.
  2. Aspek biotik.
  3. Aspek non-biotik.

Sementara untuk aspek geografi sosial atau non-fisik diabgi menjadi 4, yaitu:

  1. Aspek sosial.
  2. Aspek ekonomi.
  3. Aspek politik.
  4. Aspek budaya.

Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa simak aspek geografi dan penjelasannya di bawah ini.

Macam-macam Aspek Geografi

macam-macam aspek geografi yang harus diketahui

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai 2 jenis aspek geografi fisik dan sosial lengkap beserta macam-macam, contoh dan penjelasannya.

1. Aspek Fisik

Aspek geografis yang akan kami bahas yang pertama adalah aspek fisik atau alamiah.

Pengertian dari aspek fisik adalah pembahasan atau kajian yang berkaitan dengan hal-hal atau fenomena geosfer (fisik), seperti letak atau lokasi dalam suatu wilayah, bentuk muka bumi, luas wilayah atau daerah, batas-batas wilayah yang memiliki ciri khas tertentu.

Aspek geografi meliputi aspek alam yang terjadi secara alami dan di dokumentasi secara langsung.

Bentuk aspek geografi fisik ini terdapat 3 macam aspek fisik yaitu:

  • Aspek topoghrafi.
  • Aspek biotik.
  • Aspek non-biotik.

Untuk fenomena yang akan terjadi dalam ketiga aspek ini, manjadi fenomena yang termasuk ke dalam aspek geografi.

Nah, berikut ini panjelasan lengkapnya.

Aspek Topografi

Pengertian aspek topografi adalah aspek geogrfais fisik yang berkaitan dengan letak atau lokasi dalam suatu wilayah tertentu.

Secara umum aspek topografi ini mengkaji mengenai banyak hal, misalnya seperti letak daerah dan negara, bentuk muka bumi, luas area atau wilayah dan batas-batas wilayah yang memiliki ciri khasnya sendiri.

Aspek Biotik

Pengertian aspek biotik adalah aspek geografi fisik yang memilik keterkaitan dengan makhluk hidup.

Secara umum aspek biotik ini membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tumbuhan (flora), binatang (fauna) serta kajian mengenai penduduk.

Aspek Non-Biotik

Pengertian aspek non-biotik adalah aspek geografi fisik yang memiliki keterkaitan dengan unsur tanah dan air dalam suatu wilayah tertentu.

Namun secara umum, dalam unsur non-biotik ini memiliki kajian dalam hal-hal tertentu yang memiliki pembahasan mengenai tanah, hidrologi (baik perairan di darat maupun laut), serta kondisi iklim dari suatu wilayah tertentu.

Contoh Aspek Fisik Geografi

Contoh dari aspek fisk yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia adalah:

1. Iklim dan unsur-unsurnya

Iklim merupakan elemen penting yang harus ada dalam geografi, karena iklim ini yang dapat mempengaruhi kegiatan manusia.

Kondisi alam seperti ini terjadi pada permukaan bumi.

Adapun faktor-faktor yang dapat membentuk iklim, seperti apa yang terjadi di wilayah Asia Tenggara adalah negara kepulauan yang memiliki 3 karakteristik iklim dasar, seperti;

  • Suhu rata-rata tahunan yang sangat tinggi.
  • Memiliki dua musim yaitru musim kemarau dan musim penghujan.
  • Kelembapan udara yang tinggi.

Adapun pengaruh iklim terhadap kegiatan manusia antara lain:

  • Nelayan yang mulai pergi untuk berlayar ke laut pada waktu malam hari, karena mereka memanfaatkan angin lahan, sebaliknya pada siang hari, nelayan kembali ke daratan atau pesisir dengan menggunakan angin laut.
  • Pada sekitar bulan Oktober sampai pada bulan April, para petani mulai bekerja di lahan atau ladang milik mereka, karena petani telah memprediksi bahwa pada bulan-bulan inilah akan terjadi musim hujan.

Batuan Bumi

Lega bumi adalah mulia dan titik rendahnya permukaan bumi.

Lega bumi merupakan aspek fisik geografi yang memiliki pengaruh yang besar pada kehidupan manusia atau makhluk hidup yang ada di bumi.

Berikut ini pengerauh dari lega bumi itu sendiri dalam kehidupan umat manusia.

Pengaruh lega bumi pada pertumbuhan tanaman dapat dipelajari dalam klasifikasi Junghuhn sebagai berikut:

  1. Hot Zona, terjadi pada titik 0-700 meter. Diantara jenis-jenis tumbuhan yang hidup pada zona ini adalah riceplant, tumbuhan tebu dan kelapa.
  2. Zona Beriklim, terjadi pada titik 700-1500 meter. Nah untuk macam-macam tanaman apa saja yang bisa tumbuh dan berkembang adalah kopi, teh kina, karet dan holtikultura.
  3. Zona Cool, yang terjadi pada titik 1500-2500 meter. macam tumbuhan atau tanaman yang bisa hidup pada zona ini adalah pohon pinus dan casuarinas.
  4. Zona Dingin, pada zona ini terjadi pada titik lebih dari 2500 meter. Diantara jenis-jenis tumbuhan yang hidup adalah lumut.

Gempa bumi

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang sering terjadi, terutama di wilayah indonesia yang kemungkinan besar disebabkan oleh letusan gunung berapi atau pergeseran antar lempeng.

Gampa bumi ini, baik tektonik ataupun vulkanik, sangat dapat mempengaruhi kehidupan manusia. Jumlah gempa yang sering kali terjadi dipengaruhi oleh posisi geologi.

Efek yang dihasilkan oleh gempa pada kehidupan di permukaan bumi sangat beragam, misalnya:

  • Kemunculan gempa tektonik dapat membantu ahli geologi dalam menetukan isi dari meineral yang terkandung dalam litosfer.
  • Kehadiran gemap bumi dapat membantu dalam arsitek dalam menetukan bentuk rumah dan bahan yang sering digunakan dalam pembangunan rumah yang tahan terhadap gempa sekaligus rama dengan lingkungan.

2. Aspek Sosial

Sementara untuk aspek ke-2 dalam materi geografis yaitu aspek sosial.

Pengertian aspek sosial (manusia) adalah pembahasan atau kajian yang memilki keterkaitan dengan antroposfer (manusia) dari segi karakteriksik perilaku.

Secara umum aspek sosial ini membas mengenai gejala-gejala atau fenomena yang terjadi di geosfer yang berhubungan dengan kegiatan manusia.

Tujuan dalam aspek sosial geografi ini adalah mengetahui pola hubungan antar manusia dengan kondisi lingkungan sekitar. Aspek sosial ini meliputi kegiatan sosial, ekonomi, politik serta budaya.

Berikut ini merupakan macam-macam aspek sosial dalam geografi yang akan kami berikan penjelasannya dengan lengkap.

Aspek Sosial

Pengertian aspek sosial adalah aspek geografis sosial yang memiliki keterkaitan dengan unsur-unsur sosial.

Secara umum, aspek sosial ini membahas suatu kajian mengenai tradisi, adat-istiadat, suatu kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial lainnya.

Aspek Ekonomi

Pengertian aspek ekonomi adalah aspek geografis sosial yang mengkaji mengenai kegiatan ekonomi dalam masyarakat.

Secara umum, analisis yang dilakukan dalam aspek ekonomi memiliki unsur yang berkenaan dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar.

Aspek Budaya

Pengertian dari aspek budaya adalah aspek geografis sosial yeng berkaitan dengan unrur sosial budaya yang terkanudng didalamya.

Secara umum aspek budaya ini mebahas mengenai unsur pendidikan, bahasa, agama kesenian dan kebudayaan yang lainnya.

Aspek Politik

Pengertian aspek politik adalah aspek geografis sosial yang berkaitan dengan unsur politik.

Secara umum, aspek politik ini membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan unsur kepemrinatahan yang telah terjadi dalam kehidupan masyarakat sekitar sampai negara.

Aspek fisik dan non-fisik dalam geografi saling berhubungan dan membentuk berbagai gejala dan fenomena yang ada dimukam bumi.

Contoh Aspek Sosial Geografi

Adapun contoh dalam aspek geografi sosial dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam kehidupan manusia sehari-hari, misalnya seperti:

Populasi

Populasi merupakan salah satu aspek sosial yang sangat berpengaruh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa potensi yang dapat membantu dalam pengembangan bahkan penghambat dalam pembangunannya.

Potensi penduduk yang dapat mendukung dalam proses pengembangannya antara lain:

  1. Penduduk dalam suatu wilayah yang masih beusia muda atau produktif, merupakan sumber tanaga kerja.
  2. Populasi yang begtu besar dapat dimanfaatkan sebagai sember dari tenaga kerja perkembangan.
  3. Kualitas yang bagus dan tinggi yang berasal dari tenaga kerja dapat digunakan sebagai ahli.

Mobilitas Penduduk

Aspek sosial geografi yang sesuai dengan mobilitas penduduk adalah urbanisasi.

Urbanisasi menjadi pengaruh dalam penduduk perkotaan hingga pedesaan. Fenomena yang satu ini, sering kita lihat pada sektor wilayah prkotaan sebagai dampak urbanisasi adalah penyebaran dan tingkat kejahatan yang terus bertambah.

Semantara itu fenomena yang muncul dalam urbanisasi pada wilayah pedesaan adalah penurunan pada sektor pertanian sebagai dampak dari kehilangan pekerjaan.

Persebaran Penduduk

Dalam proses penyebaran penduduk ini atau winder efek seragam penyebaran penduduk adalah:

  1. Pembangunan yang kurang merata.
  2. Pemanfaatan sumber daya alam yang kurang maksimal dan penyelewengan dalam penggunaannya.
  3. Lahan pertanian berkurang karena digunakan untuk perumahan.

Soal Aspek Geografi

Berikut ini adalah contoh soal mengenai aspek-aspek geografi yang meliputi dua aspek, lengkap dengan penjelasannya.

jelaskan dan sebutkan 3 contoh aspek aspek geografi fisik dan sosial minimal 3?

Jawaban:

  • Aspek fisik = pegunungan, batuan dan sungai.
  • Aspek sosial = Perumahan, pertanian dana adat istiadat.

Demikian pembahasan mengenai aspek yang terdapat pada ilmu geografi. Semoga artikel dalam kajian ini bisa bermanfaat.

Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, juga dapat membantu dalam menuntaskan tugas sehari-hari baik makalah, ppt maupun tugas yang lainnya.